Peristiwa Daerah

Charlie Setia Band ke Banyuwangi, Langsung Datangi Rumah Baca

Minggu, 29 Januari 2017 - 21:23 | 133.19k
Charlie Setia Band memeriksa rak perpustakaan keliling yang dikelola Asa Firza di RTH Maron Genteng Banyuwangi. (Foto : Ahmad Su'udi/ TIMES Indonesia)
Charlie Setia Band memeriksa rak perpustakaan keliling yang dikelola Asa Firza di RTH Maron Genteng Banyuwangi. (Foto : Ahmad Su'udi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suasana Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, mendadak heboh karena hadirnya Charlie Setia Band, penyanyi ibu kota. Tak ayal, pengunjung RTH Maron langsung berebut berfoto dengannya.

Charlie menuju satu unit motor roda tiga dengan rak penuh buku di atas bak belakang. Itulah Rumah Baca Asa, perpustakaan yang mangkal di RTH Maron setiap Hari Minggu.

Kepada TIMES Indonesia, Charlie mengatakan dirinya datang ke Banyuwangi memang berniat menyambung silaturahim dan melihat rumah baca yang dikelola Asa Firza. Dia mendengar adanya sebuah perpustakaan keliling di Banyuwangi, dari ayah angkatnya yang tinggal di Jember, Kus O'ong.

"Ini cara kreatif ajak orang membaca, semangat jihad membaca seperti ini harus selalu ditingkatkan," kata penyanyi bernama lengkap Muhammad Casmali Parli ini, Minggu (29/1/2017).

Menurutnya, membaca buku merupakan salah satu cara ampuh memerangi penyebaran informasi hoax. Selain itu, membaca buku bisa meredam dampak negatif kemajuan teknologi informasi seperti kemalasan masyarakat karena proses-proses instant dan otomatis yang diberikan penyedia layanan online.

"Pak Asa ini bukan siapa-siapa, tapi ketulusannya menyediakan buku-buku layak diacungi jempol. Gerakan seperti ini harus dicontoh di kota-kota lain," tambah penyanyi yang pernah menjadi vokalis band ST12 ini.

Bahkan pelantun Saat Terakhir itu memesan dua unit kendaraan bermotor roda tiga dengan rak buku di bak belakang kepada Asa, sapaan Asa Firza. Sedianya dua unit perpustakaan keliling itu akan dioperasikan di Bandung dan Cirebon, Jawa Barat.

Asa sendiri mengaku sangat senang dikunjungi artis top nasional ke rumah baca kelilingnya.

"Pesan dua unit perpustakaan yang sama. Dia juga minta izin untuk menggelar kegiatan yang sama seperti di sini. Saya malah senang kalau banyak pegiatnya," kata Asa.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES