Gaya Hidup

Begini Cara Hilangkan Bau Membandel di Wadah Plastik

Minggu, 29 Januari 2017 - 03:21 | 24.90k
ILUSTRASI - Menghilangkan bau pada wadah plastik (Foto: tipssehat)
ILUSTRASI - Menghilangkan bau pada wadah plastik (Foto: tipssehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda termasuk rajin membawa bekal ke kantor? Atau membawakan bekal untuk anak-anak? Jika iya, itu pilihan yang tepat. Membawa bekal sendiri adalah langkah cerdas untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. 

Wadah plastik biasanya digunakan untuk tempat makanan yang akan dibawa. Selain praktis, ringan, wadah plastik juga memiliki warna dan rupa yang menawan. Sayang, terkadang bau dari wadah plastik susah sekali hilang. 

Dikutip dari laman Helium, ada beberapa cara yang dilakukan untuk menghilangkan bau pada wadah plastik anda.

1. Cuci Menggunakan Lemon
Ketika mencuci wadah plastik, gosok menggunakan perasan jeruk nipis atau lemon yang dicampur dengan air hangat. Buah citrus akan memberi aroma segar pada wadah plastik. Setelah dicuci, rendam selama beberapa menit dengan air hangat, kemudian baru bilas menggunakan air dingin.

2. Gunakan Koran Bekas
Cara lain yang juga mudah dilakukan, adalah dengan koran bekas. Basahi koran dengan sedikit air, simpan tertutup di dalam wadah plastik semalaman. Kandungan karbon pada tinta koran akan menyerap bau tidak sedap.

3. Arang
Ambil beberapa potong arang, bungkus menggunakan koran dan masukkan dalam wadah plastik dengan keadaan tertutup. Diamkan selama satu minggu, kemudian cuci seperti biasa.

4. Cuka Putih & Baking Soda
Pertama-tama, tuangkan satu cangkir cuka dan 1/4 baking soda ke dalam ember. Kemudian tambahkan air panas, aduk hingga tercampur rata. Gunakan campuran tersebut untuk merendam wadah plastik dan diamkan sekitar 24 sampai 48 jam. Setelah direndam, cuci wadah dengan air panas untuk menghilangkan residu dari baking soda dan cuka. Cara ini akan membuat wadah plastik bersih dan bebas bau.

5. Bubuhkan garam
Setelah bersih, dan kering bubuhkan sedikit garam pada wadah plastik sebelum disimpan. Jangan lupa membersihkannya kembali sebelum digunakan bila makanan anda tak ingin terasa keasinan. 

6. Menggunakan Teh
Caranya sama dengan garam. Teh dapat mengikat bau yang tertinggal dalam wadah plastik, bahkan dapat membuat wadah plastik anda harum beraroma teh. Jangan lupa membersihkannua lagi sebelum digunakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES