Peristiwa Daerah

Jadi Wakil Utama Indonesia di Kancah Indo Pacific

Sabtu, 28 Januari 2017 - 17:51 | 83.95k
Direktur Eksekutif CTI-CFF, Widi A. Pratikto, PhD. (foto: TIMES Indonesia)
Direktur Eksekutif CTI-CFF, Widi A. Pratikto, PhD. (foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretariat Regional Prakarsa Segitiga Karang untuk Terumbu Karang, Perikanan dan Ketahanan Pangan (CTI-CFF) menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan peran strategis yang diembannya. Yakni, mengkoordinasikan dan mengawal pelaksanaan kegiatan pada beberapa isu penting.

Seperti konservasi kelautan, perikanan berkelanjutan, perubahan iklim, keanekaragaman hayati laut, dan ketahanan pangan di kawasan Segitiga Karang (Coral Triangle).

Dalam perspektif nasional, keberadaan kantor Sekretariat Regional di Kota Manado, Sulawesi Utara, secara geografis diharapkan menjadi salah satu pusat kegiatan-kegiatan penting tingkat nasional. 

Dengan desain arsitektur gedung yang memiliki keunikan tersendiri, Gedung Sekretariat Regional CTI-CFF adalah sebuah landmark baru di ujung timur Pulau Sulawesi yang melambangkan kesiapan Kota Manado menjadi pusat kegiatan antar bangsa. 

CTI-CFF menjadi organisasi multilateral pertama yang berkantor di Manado dan diharapkan dapat menggerakkan wacana atau diskusi sekaligus aksi nyata dari kerjasama multilateral di bidang lain. Selain itu, CTI-CFF akan menjadi salah satu wakil utama Indonesia di kancah kegiatan negara-negara di kawasan Indo Pacific.

”Peran yang diemban kantor Sekretariat Regional CTI-CFF memang pada dasarnya bersifat regional, namun demikian dari sisi letak dan keberadaan Gedung Sekretariat CTI-CFF di Kota Manado juga memiliki interpretasi lebih luas. Yakni, komitmen nasional Pemerintah Republik Indonesia dalam mendukung kegiatan-kegiatan konservasi, perikanan berkelanjutan, dan ketahanan pangan di Indonesia yang menjadi bagian dari kawasan Segitiga Karang,” ujar Direktur Eksekutif CTI-CFF, Widi A. Pratikto, PhD.

Gedung Sekretariat Regional CTI-CFF diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti pada tanggal 1 Desember 2015, bertepatan dengan penyelenggaraan CTI-CFF Senior Officials Meeting (SOM) ke-11 di Manado.

Dalam perspektif regional, sambung Widi, CTI-CFF berperan dalam menggerakan Kelompok Kerja (Working Group) di bidang Bentang Laut, Pengelolaan Perikanan Berbasis Ekosistem (EAFM), Kawasan Perlindungan Laut (MPA), Adaptasi Perubahan Iklim (CCA), Spesies yang Terancam (TS) dan Peningkatan Kapasitas di 6 negara anggota (Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, Timor-Leste). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES