Tekno

"Diet Gadget", Solusi Kecanduan Gadget Pada Anak

Sabtu, 28 Januari 2017 - 02:28 | 33.14k
ILUSTRASI. Anak-anak bermain gadget. (Foto: dingo.care2.com)
ILUSTRASI. Anak-anak bermain gadget. (Foto: dingo.care2.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengawasan orang tua sangat diperlukan saat anak sudah diberikan akses untuk bermain gawai atau gadget. Orang tua harus waspada saat anak mulai tidak bisa lepas dari gadgetnya, dan bisa menghabiskan waktu sangat lama memainkan gadget.

Anak yang sudah kecanduan gadget perlu penanganan khusus dari orang tua. Psikolog anak Annelia Sari Sani menyarankan orang tua untuk segera melakukan "diet gadget". Caranya, batasi waktu bermain anak dengan gadget.

"Kalau tadinya tidak pakai aturan, mulai kurangi, pelan-pelan," kata Annelia, dikutip dari Antara, Jumat (27/1/2017).

Annelia menyarankan sebaiknya "diet gadget" ini diterapkan secara bertahap. Misalnya, kurangi sekitar satu jam durasi bermain gadget selama seminggu. Lalu, kurangi lagi satu jam pada pekan berikutnya. Menurut Annelia, durasi bermain gadget paling banyak selama dua jam dalam sehari.

Di era digital ini, tidak mungkin orang tua bisa melarang anak untuk tidak mengenal gadget. Anak akan ketinggalan informasi jika sama sekali tidak mengenal gadget. Sebenarnya gadget tidak selalu berdampak negatif bila orang tua mengerti fungsinya dan memberi peraturan bermain gadget pada anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES