Kesehatan

Awas, Sering Kunyah Permen Karet Bisa Sebabkan Diare

Sabtu, 28 Januari 2017 - 04:16 | 29.58k
ILUSTRASI. Terlalu sering mengunyah permen karet sebabkan sakit perut. (Foto: Huffingtonpost)
ILUSTRASI. Terlalu sering mengunyah permen karet sebabkan sakit perut. (Foto: Huffingtonpost)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jangan sepelekan kebiasaan mengunyah permen karet. Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak negatif untuk perut, seperti diare dan perut kembung.

Roshini Rajapaksa, MD, editor Health's dan ahli pencernaan dari New York University mengatakan mengunyah banyak permen karet tidak baik, karena permen karet mengandung sorbitol yang bisa bereaksi sebagai obat pencahar, menyebabkan perut kembung dan bahkan diare.

Dampak negatif mengunyah permen karet juga pernah diungkapkan pada tahun-tahuun sebelumnya. Dilansir dari health.com, sebuah laporan tahun 2008 pada dua studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa mengonsumsi banyak pemanis buatan sorbitol bisa menimbulkan diare kronis, malnutrisi dan bahkan penurunan berat badan drastis.

Sementara itu, dalam jurnal Gastroenterology tahun 1993 juga membuktikan bahwa orang-orang yang makan permen karet mengalami perut kembung karena konsumsi 10 gr sorbitol, kram dan diare setelah mengonsumsi 20 gr sorbitol.

Efek yang ditimbulkan akibat sering mengunyah permen karet ini tidak berlangsung panjang, namun hal ini harus tetap menjadi perhatian. Efek sorbitol pada setiap orang berbeda-beda. Jika pencernaan lebih sensitif, kemungkinan efeknya lebih parah dan cepat dirasakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES