Peristiwa Nasional

Mahfud MD: NU-Muhammadiyah Kurang Nahi Munkar, Wajar Habib Rizieq Ditokohkan

Jumat, 27 Januari 2017 - 09:32 | 245.67k
Pidato Prof. Mahfud MD di Pelantikan Pengurus KAHMI Sumsel (Foto : Istimewa)
Pidato Prof. Mahfud MD di Pelantikan Pengurus KAHMI Sumsel (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga Ketua Korps Alumni HMI (KAHMI) Prof Dr Mahfud MD mengkritik ormas Islam NU dan Muhammadiyah tentang kondisi umat Islam saat ini. Kritik itu disampaikan saat pelantikan Pengurus KAHMI Sumatera Selatan, Kamis malam (26/1/2017) di Hotel Arista, Palembang.

Dia menilai NU dan Muhammadiyah pasca KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Amien Rais hanya melaksanakan amar makruf (menyeru) kebaikan, namun nahi mungkar-nya kurang.

"Sementara Habib Rizieq Syihab melaksanakan amar makruf (menyerukan kebaikan) sekaligus nahi mungkar (mencegah kemungkaran), wajar jika ia ditokohkan banyak orang," terang pakar Hukum Tata Negara ini.

Oleh karena itu, menurutnya, ormas Islam harus berbenah diri. Termasuk KAHMI juga harus berbenah diri untuk bisa ber-amar makruf nahi munkar.

Dia mengatakan kebhinekaan dalam Islam itu bukan barang baru, sudah ada di zaman Rasulullah SAW, bahkan bagian dari ajaran Islam. "Bukan karena ada di Indonesia, Islam baru mengenal kebhinekaan, ini yang harus diluruskan," tegasnya.

Berbagai ayat Al-Quran telah menggambarkan bagaimana tentang kebhinekaan (keberagaman) seperti Surat Ar-Ruum 22; "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui," paparnya.

Selain itu juga di ayat-ayat lain seperti QS : Al-Maidah Ayat 8 bagaimana tentang perlakukan sikap adil terhadap kaum apapaun golongannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES