Peristiwa Nasional

'Organda' Arab Saudi Janjikan Bus Terbaik untuk Jemaah Indonesia

Jumat, 27 Januari 2017 - 08:55 | 78.34k
Bus untuk jemaah haji Indonesia akan ditingkatkan pelayanannya. (Foto: kemenag for TIMES Indonesia)
Bus untuk jemaah haji Indonesia akan ditingkatkan pelayanannya. (Foto: kemenag for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) KJRI Jeddah mengadakan pertemuan dengan Naqabah lis-Sayyarat. Pertemuan itu untuk menindaklanjuti pembahasan terkait peningkatan layanan transportasi bagi jemaah haji Indonesia. Naqabah lis-Sayyarat merupakan asosiasi perusahaan angkutan darat yang resmi dibentuk oleh kerajaan Arab Saudi atau semacam Organda kalau di Indonesia.

Naqabah mendapat mandat untuk mengatur dan melayani transportasi darat bagi seluruh jemaah haji, baik di Arafah, Muzdalifah, Mina maupun angkutan antarkota perhajian. Naqabah membawahi seluruh perusahaan transportasi darat jemaah haji yang berjumlah 23 perusahaan angkutan darat Arab Saudi. Naqabah berada di bawah pengawasan langsung Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Staf Teknis 1 KUHI KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Bashori mengatakan, pertemuan berlangsung di kantor Naqabah di wilayah Makkah Mukarramah pada Rabu (25/01). Ikut hadir dalam pertemuan ini, Staf Teknis Haji III Achmad Jauhari Chariri. Staf Teknis Haji dan rombongan disambut langsung Direktur Utama Naqabah Jenderal Ahmad Abdullah Sumbawa beserta stafnya.

Dalam pertemuan tersebut, Jenderal Abdullah menyatakan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia. Dia menawarkan angkutan darat jemaah dengan bus-bus keluaran terbaru, kurang dari 5 tahun. Bus tersebut juga dilengkapi fasilitas toilet, full ac, wifi, serta air minum mineral dan jus.

Namun demikian, Abdullah mengungkapkan bahwa peningkatan kualitas tersebut juga disertai biaya tambahan sebesar 25 riyal per jemaah untuk rute Airport Jeddah menuju hotel Makkah dan 10 riyal per jemaah dari Airport Madinah menuju hotel yang berada di Madinah.

Selain itu, biaya tranportasi dari hotel menuju Arafah, Muzdalifah, Mina, dan kembali lagi ke hotel tahun ini juga mengalami kenaikan. Kalau tahun sebelumnya hanya sebesar 180 riyal per jemaah, tahun ini menjadi 360 riyal Saudi.

"Kami akan memberikan bus-bus yang lebih baik, keluaran terbaru berusia kurang dari 5 tahun lengkap dengan fasilitasnya serta pelayanan yang berkualitas," ujar Abdullah seperti disampaikan Dumyathi.

Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan kontrak kerjasama yang rutin dilakukan pada setiap awal persiapan pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES