Kesehatan

Anda Suka Tidur Siang? Ini Durasi dan Manfaatnya

Rabu, 25 Januari 2017 - 07:57 | 12.64k
ILUSTRASI: Tidur siang. (Sindonews)
ILUSTRASI: Tidur siang. (Sindonews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki durasi tidur yang cukup menjadi salah satu kunci untuk menjaga konsetrasi, kinerja, dan kesehatan. Meski demikian, tidur siang harus dilakukan pada waktu yang tepat dan durasi yang cukup. Pasalnya, terlalu lama tidur siang dapat berakibat buruk. Setiap durasi tidur memiliki manfaat yang berbeda. 

Berikut ini adalah manfaat tidur dari setiap durasinya, Kamis (26/1/2017):

1. 10 menit
Sebuah penelitian di Australia menyebut, tidur siang selama 10 menit dapat membuat tubuh dan pikiran lebih segar, mengembalikan konsentrasi, semangat, menghilangkan rasa lelah, dan meningkatkan kinerja otak selama 155 menit setelah tidur siang.

2. 20 menit
Diyakini memiliki manfaat dua kali lipat dari tidur siang yang hanya 10 menit. Karyawan lebih semangat, fokus, dan terhindar stres, sehingga lebih produktif melakukan segala pekerjaan.

3. 30 - 45 menit
Merupakan waktu yang ideal. Tak hanya meningkatkan semangat dan produktivitas, risiko penyakit kardiovaskular juga berkurang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kewaspadaan, memori, dan mendongkrak perasaan.

4. 60 menit
Membantu untuk mendapatkan tidur yang dalam. Tidur siang selama 60 menit juga meningkatkan ingatan, seperti fakta, wajah, dan nama seseorang. Hanya saja, ketika banguan ada akan mengalami sedikit pusing.

5. 90 menit
Diyakini sebagai durasi terbaik. Sebab, dapat membersihkan pikiran, mempertajam ingatan, dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Hanya saja ada dampak negatifnya, yakni meningkatkan risiko gangguan sindrom metabolik, yang berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes.

Demikian sisarankan waktu yang tepat untuk tidur siang adalah diantara pukul 13.00 – 16.00. Tidur siang diatas pukul 16.00 akan mengganggu proses tidur dimalam hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES