Gaya Hidup

Jangan Asal Pilih Mainan untuk Anak, Ini Tipsnya

Kamis, 26 Januari 2017 - 09:01 | 41.79k
ILUSTRASI. Mainan anak-anak. (Foto: kidzofdestiny.com)
ILUSTRASI. Mainan anak-anak. (Foto: kidzofdestiny.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orangtua pasti senang membelikan mainan untuk anak-anaknya. Tetapi, jangan asal membeli mainan untuk anak-anak, terlebih jangan hanya melihat dari sisi kemenarikannya saja. Perhatikan juga aspek lain seperti, keamanan, sisi edukasi, dan kesesuaian usia.

"Pilih yang tidak berbahaya, menarik, sederhana dan memiliki nilai belajar," ujar spesialis anak dari RSU Bunda Jakarta, dr. Markus M. Danusantoso, Sp.A  di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Markus juga mengatakan maianan juga harus disesuaikan dengan perkembangan dan usia anak. Semakin bertambah usia anak maka mainan yang ia miliki harus semakin kompleks, untuk membantunya berpikir lebih kompleks.

"Semakin besar usia anak, mainannya harus semakin kompleks agar ia bisa berpikir lebih kompleks. Misalnya mainan yang memiliki bermacam-macam bunyi," tutur dia.

Sementara itu, disamping pentingnya memilih mainan untuk anak, Markus menjelaskan ada beberapa aspek perkembangan anak yang harus menjadi perhatian orangtua. Mulai dari kelahiran anak, sebaiknya orangtua selalu memperhatikan kemampuan anak memegang, memutar, melatih jari tangan, melatih konsentrasi.

Setelah usia bertambah, lanjut Markus, perhatikan kemampuan anak dalam mengenal berbagai jenis tekstur bentuk permukaan, warna hingga mengenal konsep sebab akibat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES