Kesehatan

Hindari Sembilan Makanan Ini Saat Sakit

Kamis, 26 Januari 2017 - 03:21 | 64.25k
ILUSTRASI. Jaga asupan makanan saat sakit. (Foto: mirror.co.uk)
ILUSTRASI. Jaga asupan makanan saat sakit. (Foto: mirror.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cuaca yang tidak menentu akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Ketika sakit, tubuh akan melemah dan sistem kekebalan tubuh juga akan menurun. Saat kondisi tubuh sedang tidak fit, Anda harus menjaga asupan makanan. Berikut sembilan makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit agar tidak merasa semakin buruk, seperti dilansir laman Men's Health.

1. Kopi
Semua orang yang sedang sakit sebaiknya menghindari kopi terutama yang berkaitan dengan sakit perut. Kopi erat kaitannya dengan diare yang bisa membuat penderita sakit ingin buang air sehingga menyababkan dehidrasi.

2. Jus Jeruk
Bagi yang sedang sakit tenggorokan atau batuk, sebaiknya hindari minum jus jeruk. us jeruk sebaiknya dihindari oleh penderita batuk atau sakit tenggorokan. Minuman ini memang menyegarkan tapi saat batuk dapat melukai tenggorokan. Jus jeruk mengandung asam sitrat yang bisa mengiritasi lapisan tenggorokan yang telah meradang.

3. Makanan dan Minuman Manis
Mengkonsumsi gula dapat menekan kemampuan sel darah putih untuk melawan bakteri. Beberapa jam setelah makan kue, permen atau sereal bergula dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Gula cenderung menarik cairan dari saluran pencernaan yang dapat menyebabkan buang air besar encer dan diare.

4. Soda
Semua orang yang sedang sakit sebaiknya menghindari soda terutama yang berkaitan dengan sakit perut. Sama halnya dengan kopi, soda berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Soda yang sarat dengan gula bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan mengacaukan saluran pencernaan.

5. Camilan Renyah
Makanan ini sebaiknya dihindari oleh penderita batuk atau sakit tenggorokan. Tekstur kasar makanan seperti keripik kentang, granola atau bahkan roti renyah, ibaratnya dapat mengampelas tenggorokan yang akan memperlambat penyembuhan.

6. Alkohol
Semua orang yang sedang sakit sebaiknya menghindari alkohol terutama yang berkaitan dengan sakit perut. Alkohol, seperti kopi, dapat menimbulkan diare yang memperburuk dehidrasi.

7. Susu
Susu sebaiknya dihindari oleh penderita hidung tersumbat dan sesak karena dapat memicu timbulknya lendir atau dahak. Beberapa orang mengakui bahwa susu dapat membuat dahak semakin tebal dan tidak menyenangkan.

8. Makanan yang Digoreng dan Berlemak
Saat sakit perut, makanan ini sebaiknya dihindari. Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan yang dapat menyebabkan mual dan memicu timbulnya asam lambung. Makanan ini juga memancing timbulnya kejang otot di saluran usus sehingga memperburuk diare.

9. Makanan Pedas
Makanan ini sebaiknya dihindari penderita influenza. Paprika cabai dan saus pedas menyebabkan panas dari capsaicin yang merupakan senyawa yang dapat mengiritasi saluran hidung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES