Kesehatan

Wah, Tips Kesehatan ini Ternyata Hoax 

Kamis, 26 Januari 2017 - 05:14 | 39.49k
ILUSTRASI - Terapi Telinga menggunakan lilin (Foto; eiyesshop)
ILUSTRASI - Terapi Telinga menggunakan lilin (Foto; eiyesshop)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama setiap manusia. Segala hal demi kesehatan dilakoni, asal tubuh tetap sehat dan bugar. Beragam informasi soal kesehatanpun dilalap habis.

Sayang informasi soal kesehatan yang beredar di masyarakat tidak semua benar. 

Tim litbang TIMES Indonesia telah merangkum beberapa tips kesehatan yang ternyata hoax.

Percaya pada Hand Sanitizer

Cara praktis membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Padahal, tidak semua kuman dapat mati hanya dengan hand sanitizer, melainkan dengan air dan sabun. Jadi, sebaiknya gunakanlah air dan sabun untuk mencuci tangan.

Melakukan Diet Detoks

Tidak usah memaksakan diri untuk melakukan diet detoks karena sebenarnya tubuh manusia tidak membutuhkan detoks kecuali baru saja mengalami keracunan. Tubuh manusia sudah dilengkapi dengan sistem yang sangat efisien untuk memfilter zat berbahaya dalam makanan.

Dua organ yang berperan penting, yaitu hati dan ginjal, yang berperan penting dalam membersihkan racun dalam tubuh. Ginjal akan membersihkan darah dan hati akan memproses lalu membuang berbagai zat kimia yang kita makan.

Melakukan Terapi Ear Candle 

Terapi ear candle yang dipercaya menghilangkan kotoran telinga dan mengobati sejumlah infeksi justru tidak terbukti benar. Nyatanya, penggunaan terapi ear candle malah akan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam lagi dan berpotensi membakar wajah serta rambut.

Memakai Pelapis Toilet

Tenanglah bagi kamu yang sering menggunakan toilet umum. Karena, virus dan mikroba yang ada di toilet umum dapat diperangi dengan kekebalan tubuh yang cukup. Virus HIV atau herpes tidak dapat bertahan di suhu ruangan, melainkan hanya bisa hidup di tubuh manusia.

Menahan Nafas setelah Orang Lain Bersin atau Batuk

Ketika seseorang bersin atau batuk dan tidak menutup mulut, bakteri akan meluncur di udara dengan kecepatan 50 sampai 200 meter per jam. Jika berada di dekat orang tersebut, sebenarnya kamu tak perlu menyelamatkan diri dengan menutup hidung dan mulut atau menahan nafas, karena kamu sudah terlambat dan tidak perlu repot-repot melakukannya.

Itulah mitos yang berkembang di masyarakat dan ternyata tidak terbukti secara ilmiah. Jadi, jika ada kabar yang belum pasti benarnya, tanyakan dulu kepada ahlinya dan carilah informasi sebanyak-banyaknya.

Jadi, Anda pernah menjadi korban tips kesehatan hoax itu? Mulai saat ini berhati-hatilah!  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES