Kesehatan

Menyilangkan Kaki Dapat Pengaruhi Kesehatan

Rabu, 25 Januari 2017 - 02:39 | 36.21k
ILUSTRASI. Menyilangkan kaki saat duduk tidak baik untuk kesehatan. (Foto: womenshealthmag.com)
ILUSTRASI. Menyilangkan kaki saat duduk tidak baik untuk kesehatan. (Foto: womenshealthmag.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Blood Pressure Monitoring menyatakan bahwa duduk dengan kaki disilangkan dapat meningkatkan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah ini terjadi karena darah di kaki, yang bekerja melawan gravitasi saat dipompa kembali ke jantung, melintasi satu kaki yang menyilang di mana terjadi hambatan aliran darah.

Dampak ini sebenarnya tidak terjadi secara langsung. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak menyilangkan kaki lebih dari 15 menit. Jika hal itu terjadi, Anda harus bangun dan berjalan-jalan setidaknya satu kali tiap jam.

Selain meningkatkan tekanan darah, ada beberapa dampak negatif duduk dengan menyilangkan kaki. Dilansir Antara, kebiasaan menyilangkan kaki juga dapat menyebabkan nyeri leher dan punggung, menyebabkan pinggul berada dalam posisi bengkok, dan menyebabkan kerusakan saraf permanen.

Dampak lainnya, duduk dengan kaki disilangkan dalam waktu lama juga menyebabkan kesemutan dan mengantuk karena adanya tekanan pembuluh darah saat kaki menumpang di kaki yang lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES