Peristiwa Daerah

Ini Foto Syaichona Kholil Bangkalan yang Asli

Senin, 23 Januari 2017 - 17:06 | 3.95m
KH Zubair Muntashor menunjukan foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.(foto: Doni Heriyanto/TIMESindonesia)
KH Zubair Muntashor menunjukan foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.(foto: Doni Heriyanto/TIMESindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak kalangan yang mempertanyakan kebenaran foto ulama kharismatik Syaichona KH Mohammad Kholil Bangkalan, Madura. Sebab, foto-foto yang selama ini beredar luas di internet bukanlah foto Kiai Kholil yang asli.

"Jadi harus diluruskan bahwa foto itu bukan Kiai Kholil. Tapi foto orang lain, namanya Din Kammuk (Raden Kammuk)," kata Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Kholil Bangkalan, KH Zubair Muntashor, pada TIMES Indonesia Senin (23/1/2017).

KH Zubair Muntashor menuturkan Raden Kammuk semasa hidupnya merupakan Khotib Khutbah Jumat di Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Rumahnya, di Jalan Jokotole II RT 12 Kelurahan Demangan.

"Kekeliruan foto terjadi karena Raden Kammuk memiliki nama lahir yang sama dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yakni Holil bin Zainal Alim," jelasnya.

Menurut cicit Syaichona KH Mohammad Kholil ini, saat awal foto itu beredar, keluarga 'bani Kholil' tidak bisa mengklarifikasi ihwal foto itu karena tak satu pun keluarga yang memiliki foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.

Ketika fotonya diupload ke internet, banyak kalangan yang menganggap sosok Raden Kammuk adalah Syaichona KH Mohammad Kholil. Karena pada keterangan caption, orang dalam foto tersebut hanya disebutkan KH Kholil Bangkalan.

"Hanya menurut sejumlah cerita, salah satu cicitnya yaitu KH Mohammad Kholil AG, pendiri Pondok Pesantren Ibnu Kholil, wajahnya sangat mirip dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yaitu wajah ke arab-araban dengan hidung mancung," tuturnya.

Sekitar dua bulan lalu, tutur Kiai Zubair, ada seorang warga Bangkalan yang bekerja di kapal pesiar, sempat berkunjung ke musium di Den Haag, Belanda. Dia kemudian memotret beberapa foto tentang Bangkalan yang ada di musium tersebut. Salah satunya, foto Adi Pati Bangkalan bersama sejumlah tokoh di depan Pendopo.

Dalam foto itulah, terdapat sosok bersurban dengan jenggot putih, tepat duduk di samping kanan Adi Pati Bangkalan. Sosok itulah yang kemudian diyakini sebagai Syaichona KH Mohammad Kholil.

Keyakinan makin kuat karena sosok foto di samping kiri Adi Pati dikenali sebagai KH Ghazali Dulkariman atau yang masyhur dengan panggilan Kiai Kalah. Ia kiai yang hidup se zaman dengan Syaichona KH Mohammad Kholil. 

"Kami yakin 95 persen foto itu Syaichona KH Mohammad Kholil. Sebab, ada yang bilang foto itu mirip dengan sosok Habib Muhdor asal Bondowoso. Memang mirip sekali. Tapi buat apa habib ada di foto itu. Makanya kami yakin itu foto Syaichona karena Kiai Kalah juga ada di foto itu," terang Kiai Zubair. 

Demi meluruskan kesalahpahaman ihwal foto Syaichona KH Mohammad Kholil di internet, selain lewat berita, Kiai Zubair juga membuat membuat video klip lagu nasyid. Lagunya berisi bantahan bahwa foto yang beredar di internet bukan foto Syaichona KH Mohammad Kholil.

"Kalau ada orang yang masih bersikukuh mengatakan foto di internet itu Syaichona KH Mohammad Kholil, silahkan bawa kesini biar saya jelaskan," tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES