Kuliner

Minuman Asli Indonesia yang Menghangatkan Badan 

Senin, 23 Januari 2017 - 01:25 | 259.86k
ILUSTRASI: Ronde. (Foto: brilio)
ILUSTRASI: Ronde. (Foto: brilio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musim hujan seperti saat ini, minuman hangat sangat tepat untuk dinikmati. Minuman hangat disini bukanlah sekadar minuman yang diseduh air panas, seperti kopi atau teh, namun minuman yang berbahan dasar rempah-rempah.

Indonesia yang dianugerahi hamparan tanah subur, menghasilkan aneka rempah-rempah sebagai bahan dasar minuman yang menghangatkan tubuh. Seperti Jahe, sere, secang dan sebagainya.

Minuman rempah itu selain dapat menghangatkan badan, juga dapat meningkatkan stamina.

Berikut minuman rempah asli Indonesia yang telah dirangkum oleh litbang Times Indonesia.

Wedang Uwuh

Sejarah minuman tradisional Jawa memang menyimpan beragam cerita. Banyak jenis minuman tradisional yang lahir dari hasil kreativitas atau coba-coba. 

Minuman atau yang dalam Bahasa Jawa disebut dengan wedang, terdapat beragam jenisnya, antara lain wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, hingga yang disebut wedang uwuh.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/01/22/wedang-uwuhArum-SariGdQkD.jpgFoto: Arum Sari

Dari berbagai macam jenis wedang, wedang uwuh menjadi salah satu jenis yang unik, jika dilihat dari namanya. Wedang yang dalam bahasa Jawa artinya minuman, sementara uwuh sendiri artinya sampah. Namun jangan salah sangka, wedang uwuh ini bukan sembarang minuman sampah, tetapi sampah yang dimaksud di sini adalah dedaunan organik, yang tentunya mengandung banyak khasiat.

Wedang Ronde

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/01/22/ronde1merdekahijH.jpgFoto: merdeka

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut.

Sekoteng

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/01/22/sekotengokblogspotqNsYW.jpgFoto: blogspot

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng.

Beer Pletok

Bir Pletok, mungkin kita pernah mendengarnya atau sering juga mendengar dengan istilah Bir Pletok. Bir Pletok adalah salah satu minuman khas dari etnik betawi. Bir Pletok ini terbuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini. 

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/01/22/bir-pletokTravel-detikc4gDd.jpgFoto: travel detik

Tapi, mengapa disebut bir? Haram kah? Minuman Bir adalah Minuman keras dan bagi umat islam sangat diharamkan. Ini Berbeda dengan Bir Pletok yang banyak di perkampungan betawi. Jelas jelas bir ini tidak mengandung alkohol.

Bir Pletok ini justru menyegarkan dan menghangatkan badan. Selain itu bisa dijadikan pelepas dahaga bila dengan di tambah batu es. Bir pletok kenapa di namai Bir, Alkisah bir pletok muncul dari orang orang Betawi gedongan yang banyak bergaul sama orang Belanda. Mereka sering melihat cara dan kebiasaan orang belanda yang minum bir

Bahan utama Bir Pletok adalah jahe ditambah kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang buat warna merahnya, dan gula. Untuk menghasilkan Bir Pletok yang mantap di perlkukah Jahe Gajah yang sudah tua. Jika ingin lebih HOT rasanya di gunakan Jahe Merah yang lebih berasa pedes.

Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/01/22/bajigurvDB6.jpgFoto: istimewa

Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES