Kesehatan

Jangan Terlalu Banyak Duduk, Ini Akibatnya

Minggu, 22 Januari 2017 - 06:24 | 42.79k
ILUSTRASI. Duduk terlalu lama bisa membuat wanita cepat tua. (Foto: foxnews.com)
ILUSTRASI. Duduk terlalu lama bisa membuat wanita cepat tua. (Foto: foxnews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah penelitian mengungkapkan wanita yang terlalu banyak duduk dan jarang olahraga bisa lebih cepat tua. Penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas California ini menemukan bahwa sel-sel mereka lebih tua 8 tahun dibanding usia aslinya.

Penelitian ini melibatkan 1500 wanita paruh baya, berusia antara 64 hingga 95 tahun. Mereka diwajibkan menjawab kuesioner dan mengenakan alat untuk mengukur tingkat aktivitas harian mereka.

Dilansir WebMD, penelitian tersebut menemukan sel-sel mereka yang terlalu banyak duduk dan jarang berolahraga lebih tua 8 tahun dibandingkan usia sebenarnya.

"Studi kami membuktikan bahwa sel lebih cepat bertambah tua jika mereka jarang berolahraga. Hal itu menunjukkan bahwa usia kronologis tidak selalu sesuai dengan usia biologis," kata ketua studi Aladdin Shadyab.

Shadyab juga mengungkapkan bahwa wanita yang duduk lebih dari 10 jam per hari, punya ukuran telomer atau pelindung kromosom yang memendek. Padahal, telomer berfungsi melindungi kromosom dari kerusakan.

"Kami menemukan bahwa wanita yang lebih banyak duduk, punya ukuran telomer lebih pendek. Tapi, hal itu tidak terjadi jika mereka berolahraga minimal 30 menit sehari," lanjut Shadyab. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES