Gaya Hidup

Kandungan Vitamin C Makanan Ini Tak Kalah dengan Jeruk

Minggu, 22 Januari 2017 - 03:21 | 34.49k
ILUSTRASI. Buah dan sayur. (Foto: lemonmastercleanse.com)
ILUSTRASI. Buah dan sayur. (Foto: lemonmastercleanse.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jeruk sudah menjadi buah yang identik dengan sumber vitamin C yang baik. Bahkan banyak makanan dan minuman olahan yang menjadikan jeruk sebagai ikon vitamin C. Tetapi, jeruk bukanlah satu-satunya sumber makanan yang kaya vitamin C. Masih banyak sayur dan buah lain yang memiliki kandungan vitamin C, bahkan lebih banyak dari jeruk. Dilansir health.com, Sabtu (21/1/2017), berikut sayur dan buah yang kaya vitamin C.

1. Cabai
Setengah cangkir cabai cincang atau potong dadu mengandung 107,8 mg vitamin C. Selain memiliki kandungan vitamin C yang banyak, peneliti dari University of Buffalo menemukan bahwa capsaicin, senyawa yang membuat rasa pedas pada cabai, dapat membantu meringankan nyeri sendi dan otot.

2. Paprika Merah
Secangkir paprika merah cincang bahkan mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Selain sumber vitamin C, paprika merah juga merupakan sumber vitamin A, yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

3. Brokoli
Sayuran berwarna hijau ini mengandung 132 mg vitamin C. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Brokoli ini juga menjadi salah satu bahan makanan yang dapat mencegah kanker.

4. Pepaya
Satu porsi atau satu cup pepaya mengandung 88,3 mg vitamin C. Buah ini bisa menjadi alternatif pengganti jeruk dalam memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Tidak hanya mengandung vitamin C, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan pepaya dapat membantu membersihkan sinus Anda, mencerahkan kulit Anda, dan memperkuat tulang Anda.

5. Stroberi
Secangkir stroberi mengandung 84,7 mg vitamin C. Stroberi juga megandung asam folat dan senyawa lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah dengan rasa asam ini juga dapat membantu memutihkan gigi Anda secara alami.

6. Nanas
Buah tropis ini mengandung banyak air dan kaya vitamin C. Selain itu, nanas mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga bertindak sebagai anti-inflamasi alami.

7. Mangga
Mangga juga menjadi buah yang kaya vitamin C selain jeruk. Selain itu, mangga juga merupakan sumber vitamin A, yang berperan penting dalam kesehatan mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES