Peristiwa Internasional

Resmi Dilantik, Trump Pecat Semua Dubes AS

Sabtu, 21 Januari 2017 - 14:13 | 232.17k
Donald Trump usai pelantikannya sebagai Presiden AS. (Foto: wsj.com)
Donald Trump usai pelantikannya sebagai Presiden AS. (Foto: wsj.com)

TIMESINDONESIA, WASHINGTON – Belum genap sehari dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump langsung memecat semua duta besar (dubes) Amerika Serikat. Trump bahkan sudah meminta kepada para dubes Amerika Serikat yang tersebar di seluruh negara mitra untuk meninggalkan posisinya per 20 Desember kemarin.

Seperti dilansir The Independent, Sabtu (21/1/2017), Trump tidak memberikan waktu cukup panjang bagi semua dubes untuk sekadar berkemas. Bahkan Trump tidak memberikan keringanan pada dubes yang memiliki anak-anak usia sekolah.

Sebenarnya kebijakan mengganti seluruh duta besar setiap pergantian kepemimpinan di Amerika Serikat hal yang biasa. Namun yang berbeda kali ini adalah memecat dubes ketika belum ada pengganti resmi.

Proses penggantian duta besar bukanlah hal mudah dan memerlukan waktu karena harus memperoleh persetujuan dari Kongres. Saat ini Trump baru menunjuk beberapa calon duta besar.

Beberapa nama yang telah ditunjuk Trump adalah Gubernur Carolina Selatan Nikki Hayley menggantikan Samantha Power sebagai dubes AS untuk PBB. David Friedman ditunjuk jadi dubes di Israel, sedangkan Terry Branstad menjadi dubes di China. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES