Peristiwa Nasional

TKW yang Mengadu via Medsos Berhasil Dipulangkan

Sabtu, 21 Januari 2017 - 10:25 | 31.34k
Aciah bersama pejabat KBRI Muscat di Oman. (foto: AJP TIMES Indonesia)
Aciah bersama pejabat KBRI Muscat di Oman. (foto: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri RI bertindak cepat terkait pengaduan Aciah binti Alih, TKW di Muscat, Oman, lewat medsos. KBRI Muscat pun langsung melakukan penelusuran dan menghubungi majikan Aciah.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir di media sosial, khususnya Facebook, Youtube, dan Instagram, beredar sebuah video berisi pengaduan terjadinya tindak kekerasan yang diunggah oleh akun Facebook "Elisa Poetre Karawang" yang tak lain adalah Aciah.

Atas pengaduan itu, KBRI Muscat telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan menghubungi majikan Aciah. Dalam pertemuan dengan majikan Aciah pada 18 Januari 2017, KBRI memperoleh informasi bahwa selama 2 tahun terakhir Aciah telah bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) pada keluarga majikan yang berada di Kota Salalah, sekitar 1.000 km dari Muscat.

Aciah juga merupakan salah satu dari tiga orang TKW Indonesia yang bekerja pada keluarga Oman tersebut. Majikan Aciah sangat kooperatif dan telah menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya. 

Pada 19 Januari 2017, KBRI Muscat telah mengirimkan seorang pejabat konsuler ke Kota Salalah untuk memastikan bahwa majikan mematuhi kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak KBRI. KBRI pun melihat secara langsung kondisi fisik Aciah.

Saat ditemui KBRI bersama majikan, kondisi Aciah dalam keadaan baik. KBRI juga telah memfasilitasi pemenuhan hak-hak Aciah. Pada 20 Januari 2017 dini hari, Aciah telah dipulangkan ke tanah air atas biaya majikan dan saat ini telah tiba di tanah air dengan didampingi tim dari BNP2TKI di Bandara Soekarno-Hatta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES