Wisata

Pulau Santen, Pulau Khusus Perempuan di Banyuwangi

Sabtu, 21 Januari 2017 - 00:11 | 68.45k
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menikmati pantai Pulau Santen (Foto: Ahmad S/ TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menikmati pantai Pulau Santen (Foto: Ahmad S/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur akan memiliki destinasi wisata khusus untuk pengunjung wanita dan anak-anak, yakni Pulau Santen di Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Saat ini Pemkab Banyuwangi tengah mengembangkan savana di Pulau Santen seluas 6,8 hektar untuk dijadikan destinasi wisata baru.

"Nanti dibuat beberapa klaster, klaster anak kita buatkan mainan-mainan ramah anak sehingga ibunya bisa tenang berwisata sambil mengasuh anaknya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi lokasi Pulau Santen, Jumat (20/1/2017).

Klaster-klaster lain yang akan dibangun berupa 'club beach for women' dan wahana olahraga, seperti kolam renang dan lapangan bola voli, yang juga kusus untuk perempuan.

"Garis Pantai 1 kilometer sudah sangat luas sebagai tempat berlibur, seribu ibu-ibu datang tetap akan longgar. Tetap natural, tidak ada pohon yang ditebang nantinya, malah kita tambah," tutur Anas lagi.

Menurutnya, keberpihakan kepada perempuan tidak hanya pada konteks kehidupan sosial saja, melainkan juga dengan menyediakan wahana wisata yang dikelola dengan baik untuk mereka.

"Nanti akan kita bangun tempat wudhu yang bagus dan nyaman, mushala untuk sholat yang mencukupi sehingga wisatawan muslimah bisa beribadah dengan mudah," tambah Anas.

Anas mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan anggarannya. Pembangunan Savana Pulau Santen sebagai destinasi wisata kusus perempuan akan dilaksanakan tahun ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES