Peristiwa Nasional

Panglima TNI: Prajurit Akan Tidur di Rumah Penduduk

Jumat, 20 Januari 2017 - 23:16 | 230.96k
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo (Grafis: TIMES Indonesia)
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) membangun ketahanan wilayah lewat program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). Program ini tak sekedar menghadirkan bangunan fisik, tetapi juga terbangunnya semangat gotong royong, meningkatnya kepedulian sosial dan semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional. 

Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat membuka Rapat Paripurna TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) ke-37 TA. 2016, di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (20/1/2017).

Gatot menyatakan, semangat kejiwaan TMMD adalah semangat gotong-royong sebagai ciri dan budaya bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. "Pelaksanaan TMMD harus dapat memberi nilai tambah dalam prestasi kerja dan terbangunnya kondisi sosial, wawasan kebangsaan, ketahanan masyarakat serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

"Kita perlu terus bangun komunikasi sosial dengan masyarakat desa, agar pembangunan di desa dapat terlaksana dengan cepat sesuai harapan rakyat," sambung Gatot.

Gatot menambahkan, sejalan dengan meningkatnya keinginan pemda untuk dilaksanakan TMMD di wilayahnya, maka TMMD yang selama ini dilaksanakan dua kali setahun di tingkatkan menjadi tiga kali setahun.

"Selama TMMD para prajurit saya perintahkan tidur di rumah penduduk, kemudian uang lauk pauknya dimasak dan dimakan bersama penduduk di mana prajurit tersebut tinggal. Dari situ diharapkan terjalin kekeluargaan dan persaudaraan dengan masyarakat," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES