Peristiwa Daerah

Mengenal JGMM, Komunitas Mewangikan Mukena di Masjid

Jumat, 20 Januari 2017 - 15:38 | 83.81k
Ibu-Ibu Komunitas Jum'at Giat Mewangikan Mukenah (JGMM) saat menghitung mukenah yang akan di cuci di Masjid At-Taqwa Bondowoso (Foto: Angga/TIMES Indonesia).
Ibu-Ibu Komunitas Jum'at Giat Mewangikan Mukenah (JGMM) saat menghitung mukenah yang akan di cuci di Masjid At-Taqwa Bondowoso (Foto: Angga/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak semua orang peduli dengan kondisi kebersihan dan kesucian mukena yang disediakan di banyak masjid dan musala untuk para musafir yang akan shalat. Karenanya, Komunitas Jumat Giat Mewangikan Mukena (JGMM) Bondowoso,Jawa Timur, hadir untuk mengatasi kondisi tersebut.

JGMM adalah sebuah komunitas yang bergerak untuk mewangikan atau membersihkan mukena yang ada di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso.

NAMA_FILE_GAMBAR

JGMM Bondowoso menggelar kegiatan bersih mukena berawal dari kegelisahan saat beribadah di sebuah masjid dengan kondisi mukena yang kurang layak untuk dipakai.

"Bukan hanya saya yang merasa risih dan prihatin, melihat kondisi mukena yang bau dan kotor itu kami hadir. Kami langsung bergerak," aku Fifi, penggagas Komunitas JGMM Bondowoso, Jumat (20/1/2017).

NAMA_FILE_GAMBAR

Setiap Jumat, katanya, komunitas yang dipimpinnya berkeliling ke masjid-masjid yang ada di Bondowoso. Tujuannya untuk membersihkan mukena yang ada di masjid tersebut secara swadaya dari anggota.

Bukan hanya Masjid Agung At-Taqwa saja, tetapi juga masjid-masjid lainnya di kota itu. "Dananya kita patungan aja dengan semua anggota komunitas ini," ungkap Fifi.

Rencananya, komunitas JGMM ke depannya, bukan hanya membersihkan mukena tetapi juga penunjang ibadah lainnya yang ada di masjid. 

NAMA_FILE_GAMBAR

"Jika mukena semua sudah wangi, maka kami menyasar penunjang ibadah lainnya seperti kamar mandi dan tempat wudhu agar orang yang beribadah itu bisa nyaman," tegasnya.

Fifi berharap gerakan JGMM bisa menjamur di daerah-daerah dan mengajak masyarakat lebih peduli lagi pada kondisi perlengkapan ibadah yang ada di masjid atau musala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES