Peristiwa Nasional

Tiga Jalur Tol Sumatera Siap Beroperasi Juni 2017

Jumat, 20 Januari 2017 - 15:15 | 81.81k
Pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera. (Foto: Atjeh.biz)
Pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera. (Foto: Atjeh.biz)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan sejumlah jalan Tol Trans-Sumatera akan segera beroprasi pada tahun 2017.

Basuki mengatakan, di tahun ini terdapat tiga tol yang akan mulai beroprasi. Diantaranya jalur tol Bakauheni-Terbanggi Besar, jalur tol Palembang-Indralaya dan jalur tol Medan-Binjai. 

"Bakauheni-Terbanggi Besar mudah-mudahan sudah dioperasikan 2017. Palembang-Indralaya bisa operasikan Juni ini, Medan-Binjai akan dioperasikan juga 2017 ini," kata Basuki, Jumat (20/1/2017).

Basuki juga menjelaskan selain ketiga jalur tersebut, pihaknya tahun ini juga akan mengerjakan ruas jalur Pekan Baru-Dumai, yang masuk dalam program pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa. 

Selain itu, Basuki juga menyatakan bahwa hingga saat ini tak terdapat masalah terkait panangganan lahan.

Pasalnya, menurutnya berdasarkan hasil rapat dengan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Argaria dan Tata Ruang Sofyan Jalil, telah terjalin kesepakatan untuk melakukan percepatan pembebasan lahan untuk berbagai proyek pembangunan infrastruktur proritas.

Bazuki juga menambahkan pihaknya juga terbantu oleh adanya dana talangan dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang terserap untuk proyek tol yang mencapai Rp 15,75 triliun hingga Desember 2016 lalu. Tahun 2017, ia menyebutkan LMAN juga menyediakan dana talangan sebesar Rp 20 triliun.

"Tahun 2017, dana talangan LMAN sebesar Rp 20 triliun yang dialokasikan untuk tol teresar Rp 13 triliun, sedangkan sisanya untuk pelabuhan, kereta api dan lainnya," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES