Politik

Pasangan Dodi-Beni Siap Pecahkan Rekor MURI, Mampukah?

Jumat, 20 Januari 2017 - 14:56 | 45.12k
Pasangan Dodi Reza Alex - Beni Harnedi (Foto : Istimewa)
Pasangan Dodi Reza Alex - Beni Harnedi (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, SUMATERA SELATAN – Satu bulan lagi, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Musi Banyuasin 2017 akan berlangsung. Dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin ikut bertarung.

Keduanya adalah pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Dodi Reza Alex-Beni Harnedi (pasangan koalisi 11 Partai) dan paslon nomor urut 2, Amiri Arifin-Ahmad Toha (Independen). 

Pasangan Dodi-Beni disebut-sebut bakal menang dengan mudah di Pilkada Muba 2017 dibandingkan pasangan Amiri-Toha.

Menurut hasil Lembaga Survei seperti LKPI menyebutkan, pasca penetapan pasangan calon (paslon) Dodi - Beni sudah mengantongi elektabilitas diatas 70 persen.

"Sangat berat pasangan Amiri-Toha untuk menyaingi Dodi-Beni," kata Arianto, Direktur LKPI, Jumat (20/1/2016).

Menurutnya, tantangan yang besar sebetulnya bagi pasangan Dodi-Beni yakni memecahkan rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) perolehan suara yang saat ini masih dipegang oleh Herman Deru-M Kholid Mawardi di Pilkada OKU Timur 2010 lalu. "Bisakah Dodi-Beni pecahkan rekor tersebut?," katanya.

Dia menilai, bahwa potensi untuk bisa memecahkan rekor MURI di Musi Banyuasin sangat terbuka melihat antusiasme warga terhadap pasangan kandidat ini, hanya saja diperlukan kerja keras.

Rekor MURI tidak hanya diraih oleh pasangan calon Herman Deru-M Kholid Mawardi kala itu. Tetapi juga KPU OKU Timur yang berhasil melakukan pencapaian tertinggi partisipasi pemilih di Pilkada 2010.

Berdasarkan data Litbang TIMES Indonesia (LTI) Tingkat partisipasi pemilih Pilkada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, tahun 2010 mencatat rekor tertinggi dalam Pemilu Kepala Daerah, yaitu sebesar 91,11 persen.

Warga yang tercatat dalam daftar pemilih tetap sebanyak 439.257 orang. Dari jumlah itu, hanya 8,89 persen yang tak memakai hak pilihnya.

Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten OKU Timur selama ini rata-rata tinggi, di atas 80 persen, karena antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap pemilu.

Hingga saat ini, belum pernah ada tingkat partisipasi pemilih mencapai 91,11 persen di Indonesia. Dalam pilkada tersebut, Herman Deru dan M Kholid, meraih rekor perolehan suara tertinggi.yakni suara sah 94,56 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES