Peristiwa Nasional

Wow, Ada Siput Unik Berbulu seperti Alien

Jumat, 20 Januari 2017 - 13:47 | 66.67k
Siput berbulu seperti alien. (Foto: Pos Belitung)
Siput berbulu seperti alien. (Foto: Pos Belitung)

TIMESINDONESIA, SYDNEY – Peneliti Australia melakukan penelitian ilmiah untuk mengamati pulau-pulau terpencil di lepas pantai Kimberley, Australia Barat. Mereka mendokumentasikan serangkaian rahasia siput tanah yang belum terungkap, dan hidup di wilayah yang belum tersentuh. Mereka memperkirakan terdapat lebih dari 150 spesies baru siput dan hewan moluska

Beberapa moluska yang baru ditemukan di antaranya siput dengan panjang kurang dari dua milimeter hingga siput berukuran lebih besar yang ditutupi rambut "seperti alien".

Dari hasil penelitian panjang terdapat 180 spesies siput tanah yang sebelumnya diidentifikasi di daerah tersebut. Studi ini menunjukkan bahwa Kimberley merupakan ekosistem bagi sepertiga penduduk siput Australia.

Ilmuwan dan penelitian dari Museum Australia, Frank Koehler yang juga pemimpin ekspedisi tersebut seperti dikutip Xinhua mengatakan, keragaman spesies baru yang ditemukan sangat istimewa.

"Saya terkejut oleh keragaman besar yang saya temukan. Ada keragaman yang menakjubkan mulai dari cangkang, bentuk dan ukuran mereka. Setiap spesies memiliki ceruk ekologi sendiri," kata Koehler kepada Australia Broadcasting Corporation (ABC) pada Kamis (19/1/2017).

"Mereka hewan yang cantik," tambah Koehler.

Koehler dan timnya juga sangat kagum dengan temuan tersebut, yaitu spesies kecil dan tidak biasa dengan cangkang yang berbulu.

Dia mengatakan, temuannya tersebut baru menganalisa bagian permukaan tanah saja, dan ia percaya masih terdapat hingga 700 spesies siput unik yang hidup di wilayah Kimberley Australia Barat . (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES