Peristiwa Nasional

Wonderful Indonesia Memukau Masyarakat Tiongkok

Jumat, 20 Januari 2017 - 10:37 | 26.35k
Wonderful Indonesia unjuk kebolehan di Rhyyhm of the Spring Festival. (Foto: Humas Kementerian Pariwisata for TIMES Indonesia)
Wonderful Indonesia unjuk kebolehan di Rhyyhm of the Spring Festival. (Foto: Humas Kementerian Pariwisata for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wonderful Indonesia mendapat kehormatan tampil dalam program “Rhythm of The Spring Festival”  yang diselenggarakan oleh stasiun televisi Nanning TV di Kota Nanning, Provinsi Guangxi, Tiongkok, pada 9-12 Januari 2017 yang lalu.  

Festival yang menampilkan seni pertunjukkan budaya yang menjadi ciri khas masing-masing negara itu di-taping (direkam) oleh Hunan TV (Manggo TV) dan disiarkan dalam menyambut acara malam tahun baru Imlek 2017 yang jatuh pada 28 Januari mendatang  serta perayaan Cap Gomeh.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana didampingi Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu mengatakan, acara “Rhythm of The Spring Festival” yang telah berlangsung selama 10 tahun itu, tahun 2017 ini menjadi istimewa.

Sebab, kali pertama Wonderful Indonesia memperoleh kehormatan tampil bersama 10 negara ASEAN, plus sejumlah negara lain yakni; Australia, New Zealand, Hongkong, Macau, dan Turkmenistan.

Menurut Vinsensius, di acara spesial itu Wonderful Indonesia menampilkan seni pertunjukan berupa persembahan lagu ‘Pulau Bali’ dalam Bahasa Mandarin (Bali Dao)  dan dibawakan oleh penyanyi Chia Suryani. Juga beberapa tarian tradisional antara lain Tari Saman dari Aceh, tari piring Sumatra Barat, dan tari khas Papua yang dibawakan oleh kelompok penari diaspora dari sanggar Yingde dan dikemas dalam tema Harmoni Nusantara.

Beberapa stasiun televisi internasional yang akan menyiarkan acara  tersebut antara lain; Kah Lai Toi Malaysia, MGTV Thailand, CCTV Thailand, TCITV Thailand, CTTV Filipina, dan Thailand Thonburi TV channel, Australia Rainbow TV, Turkmenistan National TV, USA SinoVision Inc., USA U Channel TV, USA HTTV,ACM, dan New Zealand TV 33, sedangkan stasiun televisi di Tiongkok yang menyiarkan adalah; Hunan TV International, Guang Xi Nanning TV, China HK TV, China Macao Cable TV, Telediffusion of Macao Co., Ltd, dan South China Sea SSTV.

Pria yang biasa disapa VJ itu menambahkan, tampilnya Wonderful Indonesia yang menjadi ikon Kementerian Pariwisata RI itu, dalam program istimewa “Rhythm of The Spring Festival” atau tahun baru Imlek 2017 tersebut mempunyai arti penting sebagai upaya promosi yang efektif dalam menarik  kunjungan wisatawan dari pasar greater  China yang tahun ini mentargetkan sebanyak 2.453.000 wisman. 

“Tahun 2017 kita mentargetkan 15 juta wisman,  sebanyak 2.453.000 wisman  di antaranya dari greater China,” kata VJ.

Pitana menjelaskan, target pasar greater China yang dipatok Kemenpar adalah 2,45 juta wisman pada tahun ini, dan menempati urutan pertama dari lima pasar terbesar Indonesia. Lalu Singapura sebanyak 2,275 juta, urutan ketiga Eropa 2,198 juta. Menpar Arief Yahya menjadikan Eropa, Amerika itu dalam satu cluster, jadi dikumpulkan menjadi satu.

Di urutan keempat Australia dengan angka 1,816 juta, dan kelima Malaysia 1,772 juta. Kunjungan wisman dari greater China ini  meningkat pesat dalam dua tahun terakhir ini. Pada tahun sebelumnya pasar China menempati urutan ke-4, setelah Singapura, Malalysia, dan Australia.

Pitana juga mengapresiasi upaya promosi WI secara kreatif di event internasional mancanegara seperti “Rhythm of The Spring Festival” lalu direlay oleh televisi ke seluruh dunia pada acara istimewa menyambut  malam tahun baru Imlek 2017. 

“Acara istimewa yang ditayangkan oleh jaringan televisi diseluruh Tiongkok dan mancanegara ini memberikan news value yang tinggi sehingga memberikan dampak meningkatnya minat kunjungan wisman pada musim liburan tahun baru Imlek Januari ini,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES