Kuliner

Bernostalgia dengan Jajanan Ikonik di Pasar Senen

Jumat, 20 Januari 2017 - 00:46 | 301.72k
Pasar Senen Jakarta (Foto: panoramio)
Pasar Senen Jakarta (Foto: panoramio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jakarta pagi tadi digegerkan dengan kebakaran yang melanda Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017). Pasar yang berdiri sejak 30 Agustus 1735 itu,  menjual aneka barang ini terkenal dengan berbagai barang dan kuliner. 

Ragam kuliner mulai dari makanan berat sampai aneka ikonik jajanan jaman dulu tersedia di pasar ini. Sedikitnya ada lima kuliner yang telintas di benak saat berada di pasar Senen

1. Nasi Kapau

Masakan Minang dan Padang di pasar ini sudah amat terkenal. Berbagai warung makan yang menyediakan masakan khas Padang berjejer dan siap memuaskan perut. 

Nasi-KapaujaQPM.jpg(Foto: Trivia)

Puluhan menu seperti gulai kikil, otak sapi, sampai bebek goreng cabai hijau siap mebuat lidah bergoyang. Cita rasa rempah yang kental membuat sebagian orang beranggapan nasi kapau khas Pasar Senen tidak ada tandingannya. 

2. Lemang

Lemang juga salah satu kuliner dari tanah Minang. Penganan dari campuran beras ketan dan santan yang dibakar dalam bilah bambu ini jadi salah satu makanan khas yang sering diburu. 

LemanglEAyC.jpg(Foto: Tribunnews)

Untuk menikmati kudapan ini, lemang dimakan bersama tape uli atau hitam dari beras ketan fermentasi. Perpaduan rasa gurih lemang dan asam manis tape uli membuat jajanan satu ini laris manis diburu pembeli.

3. Kuliner blok Batak

Bagi sebagian masyarakat Batak yang kangen jajanan khas Sumatera, berwisata kuliner di Pasar Senen dapat jadi penawar rindu. 

Terkenal dengan julukan blok Batak, tempat yang terletak di Blok IV Pasar Senen ini sebagian besar dihuni oleh para pedagang dari wilayah Sumatera Utara. 

blok-Batakh9jIl.jpgSalah satu makanan khas Batak yang berada di Pasar Senen (Foto: Gotoba)

Berbagai makanan khas tanah Batak mulai dari lapet sampai ketupat ketan bisa ditemui di blok Batak. Salah satu penganan yang wajib dicoba adalah susu horbo atau dalam bahasa Batak disebut danil ni horbo. 

Makanan berbentuk menyerupai tahu ini terbuat dari susu kerbau. Untuk menikmatinya, dapat dimakan langsung atau diolah kembali dengan cara dibakar dalam bambu. Satu porsi susu harbo dijual sekitar Rp17 ribu.

Selain menjual berbagai jajanan, blok Batak juga menyediakan aneka bumbu masak khas Batak seperti andaliman, rambu dan onje. Tidak hanya itu, berbagai perlangkapan adat Batak juga bisa ditemukan di sini. 

4. Aneka kue basah

Jenis kuliner yang paling diingat dari Pasar Senen adalah jajanan tradisional. Bahkan, pasar ini menyediakan pasar di kala subuh khusus menjual kudapan khas kampung halaman. 

Puluhan kue basah dari seluruh penjuru Nusantara seperti bika ambon, kue talam, sampai nagasari dapat dengan mudah ditemui di pasar ini.  

Aneka-Kue-BasahQz0M4.jpgAneka Kue basah di Pasar Senen Jakarta (Foto: Wordpress)

Harga yang ditawarkan untuk setiap jajanan terbilang sangat ramah di dompet, mulai dari Rp800 hingga tiga ribu Rupiah per buah.

Bukan cuma menjual jajanan tradisional, pasar ini juga menyediakan berbagai kue modern seperti black forest sampai pizza. 

Umumnya para pembeli jajanan di pasar ini merupakan pedagang yang akan menjual kembali kue-kue tersebut. Pasar subuh Senen mulai beroperasi pukul tujuh malam sampai delapan pagi. 

5. Roti buaya

Pasar Senen tidak hanya menyediakan kue kecil seperti bolu, tapi juga kue berukuran besar seperti roti buaya. Seserahan pernikahan khas masyarakat Betawi tersebut dapat dengan mudah didapat di pasar ini. 

Kue-BuayaH7nrt.jpgSalah satu stan yang berjualan Kue Buaya di Pasar Senen Jakarta (Foto: Wordpress)

Tidak hanya dijual dalam ukuran besar, roti buaya dalam ukuran mini seharga dua ribu Rupiah. Roti buaya Pasar Senen biasanya dijual sepasang dan dipatok dengan harga Rp70 - Rp180 ribu. 

Sedikit tips, bagi mereka yang mencari roti buaya untuk prosesi pernikahan, sebaiknya pilih roti buaya dengan tekstur empuk saat ditekan. Jangan membeli roti yang bertekstur keras dan apalagi mulai ditumbuhi jamur.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES