Kesehatan

Chef Chandra Paparkan Tips Pilih Daging Sapi Segar

Jumat, 20 Januari 2017 - 04:18 | 34.38k
Chandra Yudaswara (Chef Chandra) (Foto: Qraved)
Chandra Yudaswara (Chef Chandra) (Foto: Qraved)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sepekan lalu, di wilayah Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo ditemukan kasus antraks. Penyakit itu diketahui telah menyerang satu ekor sapi, empat ekor kambing, dan 16 orang di tiga dusun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kulonprogo, Astungkoro mengungkapkan, total warga yang ikut terserang hingga saat ini mencapai 16 orang. Mereka adalah warga yang ikut terlibat dalam penyembelihan sapi dan atau mengonsumsi dagingnya.

Sebelum mengonsumsi daging sapi, pastikan dulu Anda membeli daging sapi berkualitas. Biasanya daging yang baik memiliki aroma segar dan berwarna merah cerah.

Chandra Yudaswara seorang chef  mengatakan tak ada perbedaan antara daging sapi sehat dan sapi yang terkena antraks. "Karena itu penyakit, jadi kalau sudah menjadi potongan daging tentu sulit membedakannya," terangnya.

Dia melanjutkan, aroma daging sapi  bisa jadi indikator utama yang menandakan daging segar atau tidak. 

“Aroma daging bisa jadi tanda pertama saat membeli daging. Aroma daging yang jelek dan mengarah ke hampir busuk akan tercium sangat menyengat dan menusuk hidung. Aromanya aneh. Coba saja kalau kita cium aroma bangkai, nah daging juga gitu kalau sudah tidak segar,” terang  Chef Chandra, 

Dia juga mengatakan, meski sudah diolah, aroma daging tak segar ini tidak akan hilang. “Aroma daging tidak akan hilang meskipun daging sudah direbus, dimasak dan dibumbui. Baunya masih tetap ada dan itu bahaya, bukan hanya merusak makanan tapi juga enggak layak makan,” lanjutnya.

Ia juga menjabarkan cara mengenali kualitas daging sapi sehat dan segar. Pertama daging sapi memiliki warna pekat dan kuat, terlihat merah tua dan berserat. Selain itu daging juga terlihat mengilap dan tidak terdapat bercak kebiruan. Serat daging terlihat putih dan bersih, bukan kuning dan mengkristal.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES