Peristiwa Nasional

Atasi Hoax, Manajemen Facebook Akan ke Indonesia

Kamis, 19 Januari 2017 - 20:45 | 22.02k
Ilustrasi: Hoax. (Grafis: Zamzuli/mg/TIMES Indonesia)
Ilustrasi: Hoax. (Grafis: Zamzuli/mg/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Melihat Indonesia yang sudah mengalami darurat hoax, pihak Facebook akan datang ke Indonesia akhir Januari mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Kamis (19/1/2017).

Menurutnya, Menkominfo secara resmi sudah mengirimkan surat kepada pihak Facebook untuk bertemu membahas masalah hoax yang kini maraj beredar.

"Perwakilan Facebook akan ke Indonesia guna membahas penanganan berita hoax di platform mereka, serta upaya menghentikan peredarannya agar tigak menjadi viral," katanya.

Saat ada info Jerman akan menyiapkan Undang-Undang untuk menjatuhkan denda senilai Rp 7 miliar per 1 berita hoax kepada Facebook, Menkominfo langsung mengirim surat.

"Besoknya kami langsung kirim surat ke Facebook, langsung menyampaikan konsen kami untuk melawan hoax. Karena dari sisi pengguna (Facebook), Indonesia salah satu yang terbesar," kata Rudiantara, di acara Seminar awal tahun Indonesia Technology Forum, di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Menurut Rudiantara, yang akan datang ke Indonesia bukan pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, seperti yang banyak diberitakan media, melainkan perwakilan Facebook Asia Pasifik.

"Petinggi Facebook rencananya akan datang akhir bulan ini. Tapi yang datang perwakilan dari Facebook Asia Pasifik. Karena kalau tiba-tiba Indonesia mengirim surat ke sana (Facebook pusat), kita kan bukan pasar Facebook yang paling besar," katanya.

Mumpung Jerman merepresentasikan Eropa, Indonesia 'nebeng' atau memanfaatkan momentum tersebut. "Mudah-mudahan bisa selesai," harap Rudiantara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES