Peristiwa Nasional

Isu TKA Ilegal, Wiranto Jamin Tiongkok Patuhi Hukum Indonesia

Kamis, 19 Januari 2017 - 13:05 | 35.61k
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto (Foto: setkab)
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah menegaskan jika Duta Besar Tiongkok memastikan negaranya mematuhi hukum Indonesia terkait tenaga kerja asing (TKA), sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi tentang isu serbuan TKA ilegal Tiongkok.

"Duta Besar Tiongkok menegaskan pasti tunduk dengan hukum Indonesia dan mendukung turis Tiongkok ditangkap, jika kedapatan bekerja di Indonesia," tegas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.

Menurutnya, pernyataan Duta Besar Tiongkok itu sudah disampaikan saat bertemu dengan dirinya pada akhir Desember 2016 silam. Pernyataan itu sekaligus membantah kabar tentang adanya serbuan TKA Tiongkok ke Indonesia.

"Mana mungkin pemerintah membiarkan TKA datang tanpa ada seleksi, saat tenaga kerja di Indonesia membutuhkan lapangan kerja. Ternyata dari koreksi yang ada, puluhan juta orang dari Tiongkok itu adalah wisatawan yang akan mendatangkan devisa, bukan tenaga kerja," tuturnya.

Wiranto juga memaparkan jika jumlah seluruh TKA di Indonesia adalah sebanyak 74.000 orang, dan tenaga kerja asal Tiongkok itu cuma berjumlah 21.000 orang dari total TKA yang ada - dan rata-rata mereka bukan tenaga kasar.

"Ada informasi tenaga kerja asing pasang batu bata. Setelah diselidiki, ternyata mereka memasang batu bata untuk suhu yang super tinggi, namun dengan cara khusus yang tidak dimiliki Indonesia," imbuhnya.

Meski demikian, ia menjamin pengawasan akan terus ditingkatkan dan pergerakan orang asing yang masuk ke Indonesia juga selalu dimonitor. "Monitor ini agar mereka tidak kemudian masuk ke Indonesia untuk maksud-maksud tertentu, apa itu terorisme, tenaga kerja ilegal, atau narkoba," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES