Gaya Hidup

Cara Jitu Kelola Gaji Hingga Akhir Bulan 

Kamis, 19 Januari 2017 - 04:26 | 24.93k
ILUSTRASI - Tips mengelola uang gaji (Foto: Electrabel)
ILUSTRASI - Tips mengelola uang gaji (Foto: Electrabel)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu memiliki kebutuhan hidup. Baik itu primer naupun sekunder. Sayangnya tak semua orang pandai mengelola keuangan, hingga selalu keteteran saat akhir bulan.  

Permasalahan tersebut akan dapat dapat diatasi dengan tips yang sudah dirangkum Litbang TIMES Indonesia

Mengatur Anggaran Uang dengan Lebih Baik Lagi

Harus bisa memilah mana kebutuhan yang paling penting yang harus diutamakan dan dipenuhi serta mengebelakangkan keinginan yang mungkin tidak terlalu penting dan mendesak. 

Harus bisa menjaga mata, agar tidak tertarik terhadap tawaran-tawaran produk yang mengiurkan, agar kita dapat mengontrol pengeluaran kita agar tidak membengkak dikemudian hari.

Dalam Menyimpan Uang Pilihlah Bank yang Paling Tepat

Simoan uang anda di bank yang dirasa tepat dan paling baik. Maksud dari terbaik di sini ialah bank tersebut mempunyai bunga dengan nilai yang tinggi, dan mereka memberikan feed back dengan fasilitas yang baik, dan juga memberikan beberapa bonus tertentu yang diberikan pada saat awal pembukaan rekening.

Dengan begitu uang yang kita simpan dapat bertambah. Karena jika kita memilih bank yang salah yang memberikan tingkat bunga yang rendah serta fasilitas yang minim maka kita akan mengalamiu kerugian, bisa saja uang yang kita tabung lama kelamaan akan habis karena biaya administrasi yang tidak seimbang dengan tingkat bunga yang di berikan oleh suatu bank tersebut.

Memiliki Tabungan

Orang menabung setidaknya 15% dari total gaji yang diterima, sehingga pada saat akhir bulan datang kita masih memiliki sisa uang. Ini berfungsi saat ada kebutuhan mendesak, atau pengeluaran tak terduga. 

Gunakan Sistem Autodebet

Sistem autodebet adalah suatu sistem yang kerjanya menabung secara otomatis. Pada saat gaji awal diterima, bank secara langsung akan memotong sebagian dari gaji yang kita terima. 
Namun hal tersebut untuk keperluan kita menabung, agar di sisa akhir bulan kita dapat menikmati uang yang kita tabung di awal pada saat penerimaan gaji.

Membawa Bekal Makan ke Tempat Kerja

Membawa bekal untuk makan siang atau makan malam di tempat kerja adalah salah satu cara agar kita mampu menghemat uang gaji kita. Dengan begitu, pengeluaran dapat diminimalisir. 

Rencanakan Keuangan Anda dengan Baik

Dalam mengontrol pengeluaran, kita harus lah mempunyai perencanaan yang baik agar uang yang kita keluarkan memang hanya untuk kebutuhan yang dirasa penting bukan hanya untuk keperluan-keperluan yang sifatnya tidak penting karena hal tersebut hanya akan menghambur-hamburkan uang saja.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES