Peristiwa Daerah

KPU Kota Batu Siapkan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

Rabu, 18 Januari 2017 - 21:11 | 22.90k
ILUSTRASI. Fasilitas bagi penyandang disabilitas (Foto: Suarapembaruan)
ILUSTRASI. Fasilitas bagi penyandang disabilitas (Foto: Suarapembaruan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu memastikan tersedianya fasilitas pencoblosan bagi penyandang disabilitas. Sebanyak 420 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Batu, nantinya akan disediakan template untuk pencoblosan saat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) 2017 mendatang.

Komisioner KPU Kota Batu, Erfanudin mengatakan, penyediaan template bagi penyandang disabilitas bersifat wajib sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2015 yang diubah dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2016.

Selain itu, kata dia, fasilitas yang ada di TPS juga harus dibuat mudah aksesnya bagi para penyandang disabilitas yang memiliki hak suara.

"Misalkan, bagi penderita lumpuh, jangan sampai ada gundukan di lokasi TPS yang dapat menyulitkan akses jalan bagi mereka. Kondisi jalan di lokasi TPS harus datar agar mempermudah bagi mereka yang menggunakan kursi roda," terang Komisioner KPU Batu Divisi Umum, Keuangan, Logistik, dan Rumah Tangga ini.

Data sementara hasil temuan KPU, sebanyak 137 penyandang disabilitas di Kota Batu yang memiliki hak suara pada Pilwali dan tersebar di 3 (tiga) kecamatan, yaitu Sidomulyo, Batu, dan Junrejo. Termasuk di dalamnya, ada 17 penyandang tuna netra.

Sebagaimana diketahui, Pilwali Kota Batu akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Sebanyak 147.975 warga Kota Batu berkesempatan untuk memilih calon kepala daerah yang akan memimpin untuk 5 tahun mendatang. Ratusan ribu pemilih tersebut tersebar di 24 desa/kelurahan yang ada di Kota Batu.

Pada Pilwali Kota Batu 2017, terdapat 4 (empat) pasangan calon (paslon) yang akan bersaing. Mereka adalah Rudi-Sujono (paslon nomor urut 1), Dewanti Rumpoko - H Punjul Santoso SH MM (paslon nomor urut 2), Drs H Hairudin - Hendra Angga Sonatha (paslon nomor urut 3), dan Abdul Majid SPsi - Drs HA Kasmuri Idris (paslon nomor urut 4). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES