Peristiwa Nasional

Menko Polhukam: MUI Mitra Strategis Pemerintah

Rabu, 18 Januari 2017 - 18:36 | 22.71k
Menko Polhukam Wiranto saat menggelar Rapat Pleno ke-14 Dewan Pertimbangan MUI di Kantor MUI, Jakarta (18/1/2017). (Foto: Humas Kemenko Polhukam for TIMES Indonesia)
Menko Polhukam Wiranto saat menggelar Rapat Pleno ke-14 Dewan Pertimbangan MUI di Kantor MUI, Jakarta (18/1/2017). (Foto: Humas Kemenko Polhukam for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan mitra strategis pemerintah. 

“Partner pemerintah paling tepat adalah MUI karena Islam merupakan mayoritas. Ulama-Umara tadi betul ilmunya ulama kita serap, bersama-sama membuat negeri ini aman, adil dan makmur," kata Wiranto, dalam Rapat Pleno ke-14 Dewan Pertimbangan MUI dengan tema “Kerjasama Ulama-Umara Untuk Kemajuan Bangsa” di Kantor MUI, Jakarta (18/1/2017). 

Sebelumnya Wiranto menjelaskan, bahwa saat ini ancaman yang ada di dalam negeri merupakan ancaman non-konvensional atau bukan ancaman tradisional. 

“Ada perubahan ancaman yang lebih dahsyat, bukan lagi yang tradisonal, namun ancaman seperti terorisme, radikalisme, narkoba, illegal logging, human trafficking. Bagaimana kita bisa selamat dari ancaman itu, tentu bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi melibatkan seluruh aspek kehidupan bangsa” tegas Wiranto.

Wiranto juga menambahkan bahwa meningkatnya pengguna internet selain memberikan dampak positif, namun juga memberikan tantangan yang luar biasa, dan MUI menjadi partner pemerintah dalam mengatasi efek negatif internet tersebut.  

“Sekarang ini pengguna internet sudah 132 juta orang, bahkan handphone yang beredar 330 juta.  Setiap orang bisa mengakses informasi dengan cepat, dengan kemajuan teknologi seperti ini, mudah mengakses ilmu dan informasi yang diperlukan. E-commerce, sistem trading sudah menggunakan elektronik," katanya. 

"Namun sisi negatifnya, dengan cepat berita palsu, manipulasi, merusak persatuan bangsa ini juga cepat disebar. Oleh karena itulah dengan beratnya masalah seperti itu kehadiran MUI partner pemerintah bersama-sama mengamankan negeri ini, menghindarkan dari hal-hal yang negatif” ujar Wiranto.

Dalam rapat yang turut dihadiri oleh Prof Din Syamsuddin Ketua Dewan Pertimbangan MUI tersebut, Wiranto juga menjabarkan sejumlah keberhasilan pembangunan dan ekonomi selama Pemerintahan Jokowi-JK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES