Peristiwa Nasional

MenPAN-RB: Guru di Kota Bisa Dipindah ke Pinggiran

Rabu, 18 Januari 2017 - 18:05 | 36.09k
Menteri PANRB Asman Abnur menjawab wartawan usai rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (18/1) sore. (foto: setkab for TIMES Indoesia)
Menteri PANRB Asman Abnur menjawab wartawan usai rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (18/1) sore. (foto: setkab for TIMES Indoesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia bakal mendistribusikan aparatur sipil negara (ASN) guru ke daerah-daerah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengemukakan, pendistribusian ASN guru selama ini banyak menumpuk di kota.

“Jadi nanti bagaimana ke depan di desa-desa dan di wilayah-wilayah perbatasan juga, jangan sampai diangkat gurunya, hanya dalam beberapa bulan kemudian pindah lagi ke kota. Jadi dari tahun ke tahun hal ini terjadi berulang-ulang. Ini yang kita diskusikan tadi,” kata Asman kepada wartawan usai rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (18/1) sore.

Asman menjelaskan, kalau memang ASN diproyeksikan untuk guru garda depan, terutama daerah perbatasan, maka ASN tersebut harus jadi guru di situ selamanya. Jadi tidak boleh pindah ke pusat kotanya.

Sekarang ini, menurut Asman, begitu diangkat, tiga bulan kemudian gurunya berusaha dengan cara macam-macam pindah ke kota. “Nanti kurang lagi guru kita. Nah pendistribusian ini yang tadi diarahkan oleh Bapak Presiden agar yang seprti itu jangan sampai terjadi lagi,” ujarnya.

Asman berharap agar guru di daerah perbatasan ini bisa diatur penempatannya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), jangan hanya dari daerah. Karena, kalau daerah nanti walikotanya atau bupatinya nanti bisa memindahkan langsung.

“Nanti kita atur supaya begitu ditempatkan di satu daerah perbatasan, dia tidak dengan mudah pindah ke daerah lain,” terang Asman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES