Pendidikan

Cetak 5.000 Doktor, Indonesia Gandeng Kampus Tiongkok

Rabu, 18 Januari 2017 - 10:03 | 18.43k
Kampus The University of Nottingham Ningbo, Tiongkok. (foto: ajp timesindonesia)
Kampus The University of Nottingham Ningbo, Tiongkok. (foto: ajp timesindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Program 5.000 doktor yang dikeluarkan Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) mulai direalisasikan.Kemenag akan menggandeng The University of Nottingham dan sejumlah kampus Tiongkok untuk program penguatan SDM Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) itu.

Dirjen Pendis Kemenag RI Prof Kamaruddin Amin mengungkapkan tantangan terberat bagi Kementerian Agama untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM karena Kementerian Agama berkontribusi sekitar 25 persen dari pendidikan nasional.

Karenanya, kerjasama dengan berbagai pihak terus dijalin. ’’Ini untuk mewujudkan SDM PTKI yang kuat," ujar Kamaruddin saat bertemu perwakilan The University of Nottingham di Jakarta.

Pertemuan tersebut menyepakati untuk membuat draft MoU yang akan ditandatangani saat Dirjen Pendis berkunjug ke Tiongkok pada Februari mendatang. Selain dengan The University of Nottingham, Kamaruddin juga akan menandatangai MoU dengan beberapa universitas terbaik Tiongkok lainnya.

MoU ini terkait kerjasama di bidang pendidikan, khususnya dalam penguatan SDM perguruan tinggi keagamaan dalam bidang ilmu-ilmu umum.

Untuk diketahui, program 5.000 Doktor Kementerian Agama yang telah di-launching Presiden Joko Widodo pada akhir 2014 lalu. Program ini telah menarik berbagai universitas di dunia untuk melakukan kerjasama.

Hal ini tidak terlepas dari upaya Ditjen Pendidikan Islam sejak tahun 2015 untuk melakukan promosi ke luar negeri hingga program ini dikenal di universitas pelbagai dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES