Ekonomi

Siasati Mahalnya Cabai, Pedagang di Bali Jual Empat Macam Cabai

Selasa, 17 Januari 2017 - 21:06 | 36.80k
Para pedagang cabai di pasar Badung Eks Tiara Grosir. Hari Selasa(17/01/2017). (Foto: Khadafi/Times Indonesia)
Para pedagang cabai di pasar Badung Eks Tiara Grosir. Hari Selasa(17/01/2017). (Foto: Khadafi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Empat hari yang lalu harga cabai sempat turun menjadi  Rp90 ribu, kini ini harga cabai kembali naik menjadi Rp100 ribu per kilogram. 

Ni Ketut Murci salah satu pedagang cabai di Pasar Badung Eks Tiara Grosir menjelaskan bahwa harga cabai sangat sulit diperediksi turun namun dalam hitungan beberapa hari mulai kembali naik. Harga cabai masih konsisten dikisaran Rp90 ribu sampai Rp120 ribu per kg. 

"Cabai yang paling super saat ini harganya Rp120 ribu per kilogram namun saya tidak jual, saya hanya jual cabai yang paling mahal diharga Rp100 ribu per kilogram," ungkapnya

Selain itu menurut Ni Ketut Murci bahwa Stok barang di Bali sangat terbatas hal tersebut yang menyebabkan harga cabai susah  turun. Semua barang datang dari Jawa. Selama harga cabai masih melambung tinggi pembelipun kian menurun. 

Murci juga mengaku, kini penjualan cabai dalam sehari hanya habis terjual 10 kg saja. Biasanya saat harga cabai dikisaran Rp20 ribu - Rp30 ribu per kg penjualan bisa sampai 50 kg  cabai akan habis terjual. 

"Kualitas barang saat ini sangat buruk, banyak yang busuk hal ini menyebabkan saya merugi," imbuhnya sambil memilah cabai yang busuk ditempat dagangnya.

Saat ini Murci menjual 4 macam cabai rawit dengan harga yang sangat bervariasi, mulai dari cabai yang merah dengan dicampuran sedikit cabai hijau dijual Rp100ribu per kg. Dan untuk cabai yang campur hijau dan merah dengan jumlah yang sama, harga Rp90 ribu per kg. 

Untuk cabai yang sangat sedikit sekali merahnya dan hijaunya yang lebih mendominasi itu dijual dengan harga Rp 80ribu per kg. Sedangkan cabai yang terlihat muda dan hijau tidak ada merah sama sekali itu di patok dengan harga Rp40 ribu per kg.

Sementara hal senada juga dikatakan oleh pedagang cabai yakni Made Prami, harga cabai saat ini mahal walaupun sempat turun beberapa hari sekarang harga cabai yang ia beli dari Pasar Tamba mencapai Rp100 kg dan kualitas cabai saat ini sangat buruk  dan banyak yang busuk. 

"Saya setiap harinya beli cabai hanya 2 kilo gram per hari namun saat dicek barang banyak yang busuk, saya timbang 2 ons cabai yang busuk. saya jadi rugi Rp20 ribu untung dari jualan cabai pun saya tidak dapat hingga Rp20 ribu," ungkapnya. 

Kenaikan harga cabai yang hampir di Tanah Air, akibat musim hujan dan keterbatasan stok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES