Indonesia Positif

Seminar Perkoperasian dan Muswil Koperasi Mahasiswa se-Jawa Timur

Jumat, 13 Januari 2017 - 09:29 | 63.83k
 Kerjasama antara Asosiasi Koperasi Mahasiswa Malang (AKMM)   dengan UKM KOPMA “Ilham Ramadhan” UNISMA. (Foto: AJP for TIMES Indonesia)
Kerjasama antara Asosiasi Koperasi Mahasiswa Malang (AKMM) dengan UKM KOPMA “Ilham Ramadhan” UNISMA. (Foto: AJP for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Asosiasi Koperasi Mahasiswa Malang (AKMM) bekerjasama dengan Unit Kreativitas Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (UKM Kopma) “Ilham Ramadhan” Universitas Islam Malang, menggelar kegiatan Seminar Perkoperasian. 

Seminar itu  dalam rangka Musyawarah Wilayah (Muswil) Koperasi Mahasiswa se-Jawa Timur, mulai tanggal 12 – 15 Januari 2017 lalu.

Kegiatan  bertema “Semarak Pergerakan Pemuda Sebagia Pioner Indonesia”  dihelat di Hall Oesman Mansoer, Gedung Al-Hanafi Universitas Islam Malang. 

Delegasi dari Koperasi Mahasiswa Se-Jawa Timur yang hadir, di antaranya dari Koperasi Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang,  Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Maulana Maliki Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Wiraraja Madura, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Universitas Negeri Ponorogo, Universitas Pembangunan Veteran Surabaya, dan Universitas Widyagama Malang.

Kegiatan Seminar Perkoperasian dalam rangka Musyawarah Wilayah (Muswil) Koperasi Mahasiswa se-Jawa Timur ini mengundang dua narasumber yaitu Priyanto Budi Santoso (Sekretaris DEKOPIN Malang dan Asessor LSP Koperasi Nusantara Jawa Timur)  dan Hildan Fatoni, SE (Direktur dan Owner PT Hildan Indonesia dan Pembina Lampionku Group).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Publikasi Universitas Islam Malang, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.,P ini merupakan kegiatan pertama dari serangkaian kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.,P Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Publikasi UNISMA menegaskan bahwa “Sesuai dengan tema seminar kali ini, mahasiswa harus bisa menjadi pioner penggerak perekonomian Indonesia melalui wadah yang dinamakan Koperasi Mahasiswa”. 

Jadi  kita sebagai anggota Koperasi Mahasiswa harus bisa menjadi pelopor dan penggerak perekonomian bangsa baik dari segi kualitas maupun dari sumber dayanya.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan Seminar Perkoperasian yang dipandu oleh Saudara Muhammad Baihaqi dari KOPMA Universitas Negeri Malang. Dia  memaparkan bahwa “Koperasi harus mampu bersaing dengan badan usaha lainnya dengan cara peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan koperasi sebagai pergerakan pemuda harus dimulai dari bawah yakni dari kita sebagai mahasiswa ”. 

Jadi pada dasarnya Koperasi Masa Kini adalah Koperasi yang didasarkan pada kesadaran diri sendiri sedalam kepemilikan dan kewajiban dalam mengembangkan koperasi sehingga koperasi dapat bertahan bahkan maju dan berkembang utamanya di era seperti ini. 

Selain itu, diperlukan adanya pembinaan koperasi, serta yang tidak kalah pentingnya  mempunyai peranan yang besar pula dalam pengembangan koperasi selanjutnya.

Narasumber kedua yakni  Hildan Fatoni, SE memberikan materi tentang kewirausahaan khususnya dalam Potensi Bisnis di Era E-Commerce.

 “Usaha Mikro Menengah yang di online kan dapat meningkatkan penjualan sampai dengan 7% dari penjualan yang hanya jualan biasa, dan dengan online dapat mengurangi 1,5 x pengangguran di Indonesia. Koperasi kalau tidak masuk era digital akan mati, karena pada era sekarang hampir 80% seluruhnya sudah masuk era digital”. 

Jadi kita sebagai Koperasi Mahasiswa harus mulai masuk era digital, dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi online sehingga memudahkan Koperasi dan UKM untuk melakukan transaksi sebagai pengembangan usahanya.

Kegiatan Musyawarah Wilayah Koperasi Mahasiswa Se-Jawa Timur ini akan dilanjutkan di Balai peternakan Batu. Musyawarah Wilayah ini akan merumuskan dan menetapkan AD/ART, GBHO, GBPK, mengesahkan Forum Komunikasi koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI) Wilayah Jawa Timur, Memilih dan menetapkan Badan Pengurus Wilayah FKKMI Jawa Timur.

Dengan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah pembentukan dan pengaktifan gerakan koperasi mahasiswa dalam lingkup wilayah Jawa Timur. Dan, UKM KOPMA Ilham Ramadhan Unisma menjadi salah satu perumus dalam Musyawarah Wilayah tahun 2017 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES