Pendidikan

Kemdikbud Target 52 Ribu Sekolah Direnovasi Tahun Ini

Selasa, 17 Januari 2017 - 12:37 | 23.52k
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memasang target sebanyak kurang lebih 52 ribu sekolah akan direvitalisasi dengan sistem swakelola pada 2017 ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan jika pihak sekolah kini tak perlu membuat proposal pengajuan anggaran guna mendapatkan dana biaya renovasi gedung sekolah yang rusak.

"Karena kalau menunggu proposal dari bawah (sekolah) itu lama, karena bikin proposal itu tidak mudah," tegasnya.

Mendikbud menambahkan jika pihaknya akan memverifikasi langsung sekolah yang perlu direvitalisasi melalui tim yang akan turun langsung melihat kondisi sekolah. Proses renovasi nantinya melibatkan perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik, politeknik atau SMK teknik bangunan.

"Sistemnya sama tetap swakelola, dengan perguruan tinggi yang ada teknik sipil, politeknik, atau SMK bangunan yang nanti bersama-sama merancang, menghitung anggaran, dan pengawasannya," paparnya.

Keterlibatan perguruan tinggi sebagai pihak ketiga yang mengelola renovasi sekolah adalah agar pengawasannya bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara revitalisasi sekolah dilakukan untuk meningkatkan fasilitas sekolah agar bisa melaksanakan Program Penguatan Pendidikan Karakter yang rencananya diterapkan mulai tahun ajaran baru 2017 mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES