Kesehatan

Banyak Tertawa Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Anak

Selasa, 17 Januari 2017 - 04:12 | 338.40k
ILUSTRASI - Tertawa meningkatkan produksi sel yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam membunuh kuman pilek dan flu. (Foto: norbekovsystem)
ILUSTRASI - Tertawa meningkatkan produksi sel yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam membunuh kuman pilek dan flu. (Foto: norbekovsystem)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Imunitas, atau kekebalan tubuh sangat dibutuhkan oleh manusia, terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Anak yang gampang sakit, pertumbuhannya tidak optimal. 

Karena itu penting bagi orang tua untuk selalu menjaga imun tubuh anak. 

Tim litbang TIMES Indonesia telah merangkimum tips menjaga kekebalan tubuh pada anak-anak 

1. Memberikan ASI EKslusif

Bukan rahasia lagi bahwa ASI mengandung berjuta manfaat bagi bayi. Pada anak 0-6 bulan pemberian ASI ekslusif sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

Penelitian yang dilakukan bahwa dengan memberikan ASI maka kekebalan tubuh anak meningkat dan memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan pencernaan. Pada ASI juga terkandung gizi yang dapat meningkatkan sistem imun anak.

2. Bermain di lingkungan

Seringkali orang tua khawatir pada anak yang bermain kotor-kotoran padahal dengan bermain di lingkungan maka sistem kekebalan tubuh anak akan berkembang sepenuhnya. 

Meskipun kondisi anak bermain di halaman akan terkena paparan kotor yang membantu dalam melacak jumlah patogen dalam melatih sistem imun akan tetapi di sisi lain akan berpotensi menguntungkan dan mendukung sel tubuh dalam memerangi infeksi.

3. Banyak tertawa

Ya, imunitas tubuh anak dapat meningkatkan banyak tertawa. 

Penelitian yang dilakukan bahwa menonton film komedi akan membantu dalam meningkatkan produksi sel yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam membunuh kuman pilek dan flu.

4. Istirahat Cukup

Istirahat perlu dilakukan oleh setiap manusia. Istirahat yang cukup akan menurunkan risiko flu dibandingkan ketika kurang tidur. Bahkan untuk anak berusia 3-12 porsi tidur sehat  selama 10 jam perhari. Dengan demikian kebutuhan tidur anak lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa.

5. Mengurangi antibiotik

Kurangi memberikan antibiotik apabila sakit anak ringan. Umumnya orang tua meminta dokter untuk menyertakan antibiotik padahal penyakit ringan seperti flu, pilek atau sakit tenggorokan tidak memerlukan antibiotik. Pemberian antibiotik pada anak yang terlalu sering maka akan melemahkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

6. Menghindari Polusi Udara

Dengan polutan udara maka akan merusak silia rambut di dalam hidung yang berfungsi sebagai penangkal masuknya benda asing ke dalam tubuh. Sehingga hindari anak anda dari pencemaran udara seperti asap rokok, asap pembakaran dan beberapa bahan kimia yang berbahaya yang sering dijadikan bahan dalam beberapa alat rumah tangga.

7. Makan makanan bergizi

Hal ini tak boleh dilupakan. Makanan bergizi merupakan faktor utama dalam menjaga imunitas tubuh anak. Beri anak makanan sehat dan gizi seimbang. Seperti sayur mayur, ikan segar,  ayam dan daging sapi serta kacang-kacangan. Buahpun tak boleh ketinggan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES