Politik

Surat Suara Pilkada Kota Batu Mulai Dilipat

Senin, 16 Januari 2017 - 19:42 | 55.65k
Para pekerja tengah melipat surat suara untuk Pilkada Kota Batu 2017 di salah satu ruang di Kantor KPU Kota Batu, Senin (16/1/2017). (Foto: Istimewa)
Para pekerja tengah melipat surat suara untuk Pilkada Kota Batu 2017 di salah satu ruang di Kantor KPU Kota Batu, Senin (16/1/2017). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelipatan surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu 2017 sudah dimulai sejak hari ini, Senin (16/1/2017). Ditargetkan  seluruh surat suara yang dilipat akan selesai pada 6 hingga 7 hari ke depan.

Sebanyak 20 pekerja pelipat suara dikerahkan untuk menyelesaikan 153.674 surat suara. Jumlah tersebut sudah termasuk tambahan 2,5 persen dan 2 ribu surat suara untuk pemungutan surat suara ulang (PSU).

Komisioner KPU Kota Batu, Erfanudin mengatakan, sebelum memulai pelaksanaan tugas pelipatan surat suara, para pekerja tersebut mendapatkan pengarahan mengenai berbagai hal terkait surat suara.‎

"Mereka diberikan pemahaman mengenai kriteria surat rusak, serta teknis pelipatan surat suara," ujar Erfanudin saat ditemui di kantor KPU Kota Batu, Senin (16/1/2017) sore.

Pemahaman ini diperlukan karena menyangkut kredibilitas petugas pelipat dan kualitas hasil kerjanya. 

Komisioner Divisi Umum, Keuangan, Logistik dan Rumah Tangga KPU Kota Batu ini menjelaskan, pada hari ini, sebanyak 10 kotak yang masing-masing berisi 2 ribu surat suara, oleh pekerja disortir terlebih dulu sebelum dilakukan pelipatan.

"Pelipatan surat suara harus dilakukan satu per satu, untuk menghindari surat suara ganda yang terlipat," imbuhnya.‎

Selama pelaksanaan pekerjaannya, mulai antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, kata dia, para pekerja pelipat surat suara mendapat pengawasan melekat dari staf sekretariat KPU Kota Batu dan kepolisian. Ditambahkannya, Panwaslih Kota Batu juga hadir untuk memantau proses pelipatan surat suara yang berlangsung hari ini.‎

Selain itu, ruang tempat pelaksanaan pekerjaan pelipatan surat suara dilengkapi dengan kamera pengintai (CCTV/close circuit television).

Erfanudin kembali menegaskan, untuk meminimalkan tingkat kesalahan, para pekerja telah disarankan untuk tidak terburu-buru dalam pengerjaannya. Hal ini untuk menjaga kualitas hasil kerja, mengingat waktu yang tersedia untuk pekerjaan pelipatan suara masih relatif panjang. 

KPU Kota Batu sendiri juga akan melakukan pengecekan kembali terhadap hasil pelipatan surat suara. "Setelah dilipat, akan diperiksa lagi," tambahnya.

Untuk esok hari, para pekerja lepas pelipat surat suara ini akan bertugas kembali dengan melipat sebanyak 20 ribu surat suara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES