Politik

Rawan Mati Lampu, Masyarakat Muba Terancam Tak Bisa Saksikan Debat

Senin, 16 Januari 2017 - 10:01 | 51.81k
Kontestan Pilkadan Pilkada Musi Banyuasin (Foto : Istimewa)
Kontestan Pilkadan Pilkada Musi Banyuasin (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Musi Banyuasin (Muba) akan dilangsungkan malam ini, Senin (16/1/2017) di Gedung Dharma Wanita, Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Debat kandidat ini akan disiarkan langsung oleh stasiun TVRI Sumatera Selatan, RDI Sekayu dan RRI Sumsel. Berbagai persiapan  dan pengamanan debat kandidat pertama sudah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Banyuasin.

Menurut Ketua KPU Muba Marvel Firdaus, panelis merupakan akademisi dari Universitas Sriwijaya (Unsri) yakni pengamat politik Drs. Joko Siswanto, M.Si, pengamat tata negara Dr. Febrian dan pengamat ekonomi Prof. Didik Susetyo.

"Tema yang diusung meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai tema debat perdana," kata Marvel, Senin (16/1/2017).

KPU Muba juga membatasi para pendukung pasangan calon (paslon) yang hadir, masing - masing 150 orang untuk pasangan nomor urut 1. Dodi Reza Alex - Beni Harnedi (Koalisi 11 Partai) dan pasangan nomor 2. Amiri Arifin - Ahmad Toha (Independen).

Sementara itu pengamat politik Ade Indra Chaniago menilai debat kandidat ini sangat penting untuk pendidikan politik dan meningkatkan kecerdasan pemilih.

"Namun debat kandidat belum menjadi faktor penentu seseorang untuk memilih mengingat Musi Banyuasin pemilih rasional masih minim," kata Dosen Stisipol Candradimuka Palembang ini.

Dia juga menambahkan persoalan geografis juga menjadi faktor masyarakat Musi Banyuasin untuk bisa menyaksinya debat kandidat.

"Belum lagi faktor listrik padam yang sering terjadi di Muba bisa jadi kendala dan ini harus diantisipasi," ujar Mantan Aktivis 98 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES