Wisata

Pemkab Probolinggo Kembangkan Hutan Pinus Sebagai Lokasi Wisata

Minggu, 15 Januari 2017 - 12:19 | 540.00k
ILUSTRASI - Wisata Hutan Pinus (Foto: mulpix)
ILUSTRASI - Wisata Hutan Pinus (Foto: mulpix)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berencana menjadikan kawasan hutan pinus di Kecamatan Sumber, sebagai tempat wisata baru.

Hutan milik perhutani itu, akan disulap seperti wisata hutan pinus Imogiri Mangunan, Yogyakarta.

Camat Sumber, Bambang Julius mengatakan, pihaknya bakal segera berkoordinasi dengan perhutani terkait dengan rencana tersebut.

"Akan dikembangkan seperti di Jogja," katanya kepada TIMES Indonesia.

Jika mengacu pada wisata hutan pinus Imogiri, hutan pinus di Sumber perlu diberi fasiitas gardu pandang, ampi teater yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum, mushala dan warung-warung sederhana. 

Ada juga ayunan hammock yang digantung di antara pepohonan untuk bersantai, serta rumah pohon yang membuat suasana menjadi sangat nyaman dan asyik.

Dengan demikian, hutan itu akan jadi tempat piknik yang pas untuk menepi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dan pekerjaan.

Sebagai langkah awal, pemerintah telah memasang banner ucapan selamat datang kepada wisatawan, begitu memasuki hutan. 'Selamat Datang di Wisata Hutan Pinus Kecamatan Sumber'. Pada banner itu, terpampang foto Bupati P. Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin yang juga anggota DPR-RI dapil Probolinggo-Pasuruan.

Bambang Julius menyatakan, rencana itu bermula dari banyaknya orang yang berselfie di kawasan hutan pinus. Pasangan kekasih yang foto pra nikah (pre wedding) di hutan itu, juga tak sedikit jumlahnya.

Dari pantauan TIMES Indonesia, hutan pinus ini berada di tepi jalan menuju Kantor Kecamatan Sumber. Kecamatan ini berada di wilayah pegunungan. Sebagian warganya, merupakan Suku Tengger yang tinggal di lereng Gunung Bromo.

Jalan menuju kecamatan ini, penuh kelokan dan menanjak, termasuk di kawasan hutan pinus yang mau dijadikan tempat wisata. Tak jauh dari hutan ini, juga ada spot foto yang tak kalah bagus. Tempat ini diberi nama Bukit Selfie.

Bagi anda yang gemar berpetualang, berkunjung dan menikmati sejuknya alam di kawasan hutan pinus dan bukit selfie, bisa dilengkapi dengan berkunjung ke Negeri di Atas Awan. Kawasan yang dulu bernama P29 ini, berada di Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES