Peristiwa Daerah

Bulog Banyuwangi Penuhi Kebutuhan Beras Selama Setahun Lebih

Sabtu, 14 Januari 2017 - 21:34 | 64.50k
Kepala Bulog Banyuwangi Raden Guna Dharma memperlihatkan stok beras di Gudang Bulog Wonosobo, Srono, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (14/1/2017).(foto: Ahmad Su'udi/TIMESIndonesia)
Kepala Bulog Banyuwangi Raden Guna Dharma memperlihatkan stok beras di Gudang Bulog Wonosobo, Srono, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (14/1/2017).(foto: Ahmad Su'udi/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Banyuwangi Jawa Timur telah memiliki 32 ribu ton stok beras. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga April 2018 mendatang.

Kepada TIMES Indonesia, Kepala Bulog Divisi Regional Banyuwangi, Raden Guna Dharma mengatakan stok beras tersebut berkualitas medium sesuai Intruksi Presiden (Inpres) no 5 tahun 2015 dimana maksimal mengandung butir patah 20 persen, menir 2 persen dan kadar air 14 persen.

"Kewajiban Bulog Banyuwangi, perbulan menyediakan baras medium 1.900 ton. Itu untuk memenuhi kebutuhan program Rastra (beras keluarga sejahtera red.)," kata Awang, sapaan Raden Guna Dharma, di Gudang Bulog Wonosobo Kecamatan Srono, Sabtu (14/1/2017).

Jumlah stok itu belum termasuk cadangan Pemerintah Daerah sebanyak 100 ton per tahun yang akan dimanfaatkan misal bila ada bencana. Keperluan komoditi pangan untuk program stabilisasi harga juga telah disediakan di luar stok Rastra.

Hasil penyerapan beras petani lokal tahun lalu 63 ribu ton atau 124 persen dari target yang telah dipatok sebanyak 55 ribu ton. Target 2017, Bulog Banyuwangi harus menyerap 60 ribu ton beras dari petani lokal.

"Beras kita beli dari petani-petani di Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Kami juga optimis target 2017 nanti akan terpenuhi, bahkan lebih," tambah Awang.

Kontrak pengadaan beras juga telah dilakukan pihaknya karena sebagian petani sudah dalam masa panen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES