Indonesia Positif

Poltekom Malang Go International 

Sabtu, 14 Januari 2017 - 21:20 | 62.92k
Dr. Isnandar, Direktur Politeknik Kota Malang saat menerima kunjungan dari National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan , Sabtu (15/1/2017) (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
Dr. Isnandar, Direktur Politeknik Kota Malang saat menerima kunjungan dari National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan , Sabtu (15/1/2017) (Foto: ajp. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan mengunjungi Politeknik Kota Malang (Poltekom) di Jalan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang . Kunjungan hari ini, Sabtu (14/1/2017) untuk menjalin kerjasama antar dua universitas. 

 Ir. H. M. Ridwan Hisjam,  Pembina Poltekom menjelaskan sebagai sebuah institusi pendidikan kebanggaan warga Malang Raya sudah semestinya memperkuat jalinan kerjasama lintas perguruan tinggi berskala internasional.

Termasuk juga kerjasama di berbagai bidang dengan lintas pihak. Seperti  perusahaan, perguruan tinggi, lembaga pemerintah, termasuk juga para alumni yang telah tersebar di luar negeri.

PoltekomR98cl.jpg

Ridwan melanjutkan hal ini harus senantiasa konsisten diperjuangkan dan diwujudkan sebagai implementasi kerjasama . 

"Sesuai dengan visi Politeknik Kota Malang yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang berdaya saing di tahun 2025," terang Ridwan.

Kunjungan universitas luar negeri tersebut diawali dengan sesi perkenalan sembari menikmati hidangan di Meeting Room Poltekom. Dalam pertemuannya, kedua lembaga secara bergantian memaparkan profilnya masing-masing. 

Rombongan dari Universitas NCTU  mengaku kagum terhadap keberadaan Politeknik Kota Malang. 

Salah satu perwakilan dari rombongan mengatakan, keberadaan Politeknik Kota Malang di tengah Kota seperti ini merupakan hal yang positif. Kampus yang terletak di Kompleks Pendidikan Internasional atau Malang International Education Park ini dinilai mampu memberikan kontribusi positif dan berguna bagi kebutuhan masyarakat. 

Seperti pembuatan mesin pemotong rumput wireless system, R&D Robotic, penerapan PLC dalam peralatan teknologi tepat guna,  dan lainnya. 

Ini hal yang harus diapresiasi karena merupakan wujud kongkrit sumbangsih positif di dunia industri nantinya.

Dihubungi secara terpisah, Dr. Isnandar, Direktur Politeknik Kota Malang menyampaikan bahwa kunjungan Universitas Taiwan ini sangat bermanfaat karena ada banyak gagasan dan pemikiran yang bisa dibagikan dan dipelajari bersama. Hal ini dapat sebagai penguatan untuk pengembangan Politeknik Kota Malang yang memperoleh predikat  Kampus Unggulan sejak 2013, 2014, 2015, dan 2016. 

Hasil diskusi dengan delegasi NCTU yang dipimpin Prof. Jim mampu memberikan inspirasi dan memperkuat icon Politeknik Kota Malang sebagai Innovative Teaching Industry. 

Tentunya hal ini mendorong  Poltekom untuk terus mengembangkan R & D terapan yang dibutuhkan industri.

NCTU sendiri adalah universitas yang berorientasi riset. Sampai sekarang memiliki riset di bidang nano tech dan semikonduktor, sehingga IC hasil penelitian nya dipakai oleh ASUS, ACER dan sebagainya.

NCTU memiliki lebih dari 30 hak paten, salah satunya elektronika semikonduktor, nanotech, organic solar cell dan lainnya.

Pertemuan ini menghasilkan kerjasama yang bisa dilakukan antara lain studi lanjut program  master dan Ph.D,  dengan beasiswa Taiwan dan joint research.

Namun ada kerjasama yang belum dapat dilakukan untuk saat ini adalag pertukaran dosen dan mahasiswa.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-2 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES