Kuliner

Yuk Kenali Beragam Jenis Keju

Sabtu, 14 Januari 2017 - 04:26 | 98.65k
ILUSTRASI: Beragam Jenis Keju. (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Beragam Jenis Keju. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keju terbuat dari bahan baku susu, baik itu susu sapi, kambing atau kerbau. Keju berasal dari wilayah Timur Tengah, lebih tepatnya di wilayah sekitar perbatasan antara Irak, Syria dan Turki pada masa sekarang. 

Bukti tertulis tentang kapan persisnya keju mulai dibuat manusia sampai saat ini tidak ditemukan. Namun, sebagian sejarawan meyakini bahwa keju sudah dikonsumsi manusia sejak 8.000 tahun yang lalu.

Keju ditemukan secara tidak sengaja. Susu yang terlalu lama disimpan dalam kantong-kantong yang terbuat dari lambung domba atau hewan ternak lain yang dikeringkan dan terkena matahari langsung berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih, serta mengubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.

Ada banyak jenis keju, berikut hasil rangkuman litbang Times Indonesia:  

  • Cream cheese

Dibuat dari heavy/light cream yang diberi ragi sehingga menjadi lunak/cream. Cream Cheese memiliki tekstur halus berwarna putih kekuningan.

  • Mozarella

Keju ini berasal dari italia yang dibuat dari susu sapi. Aslinya dibuat dari susu kerbau air atau water buffalo. Keju ini biasanya jadi taburan pizza. Ketika masih hangat mozarella akan mengaret dan menjadi lentur dan bisa ditarik-tarik. Tapi kalau sudah dingin, kejunya tidak lunak dan lentur lagi sehingga sebaiknya dijadikan taburan untuk makanan yang harus disajikan hangat. 

Seperti misalnya untuk macaroni schotel atau lasagna yang lebih enak bila disajikan dengan cara dipanaskan terlebih dahulu supaya keju-keju-nya meleleh.

  • Parmesan

Ini merupakan jenis  keju keras /hardcheese dari Italia. Berwarna kuning pucat dengan lubang-lubang kecil sebesar jarum. Parmesan juga dijual dalam bentuk parmesan parut.

  • Edam

Ini juga merupakanhard cheese yang asli dari Belanda. Dibuat dari susu skim/low fat. Berwarna kuning muda. Tekstur agak lunak ketika masih muda dan berangsur menjadi kuning tua dan teksturnya menjadi keras dan kering setelah lama disimpan. 

Ciri khas edam dibungkus lilin berwarna merah. Fungsinya selain untuk mempertahankan aroma juga untuk pengawetan.

  • Cheddar

Cheddar berasal dari Inggris yang dibuat dari susu sapi. Bila
cheddar masih muda, warnanya kuning terang dan teksturnya lunak. Ketika makin tua warnanya makin gelap dan tekstur makin keras.

  • Mascarpone

Keju kental dari Italia. Berwarna putih. Teksturnya seperti cream cheese. Lazim digunakan untuk pembuatan Cake Tiramisu. Bila tidak ada Mascarpone, untuk Tiramisu, bisa diganti dengan cream cheese dalam jumlah yang sama. 

  • Blue cheese

Keju putih dengan urat-urat biru dan kadang bertekstur empuk. Keju ini beraroma tajam dan pedas. Biasanya dimakan dengan biskuit crackers plain atau baquette. 

  • Gouda

Berasal dari Belabda, keju ini teksturnya keras dan rasanya gurih. Keju ini biasanya dilapisi lilin berwarna kuning. Rasanya hampir sama dengan edam.

  • Brie 

Termasuk keju lunak/soft cheese dan berasal dari Perancis. Berbentuk bulat rata dengan  lapisan luar berwarna putih (jamur). Rasanya gurih, creamy dan agak asin. Awalnya berwarna putih, lama kelamaan menjadi kekuningan setelah proses pematangan. Untuk rasa yang lezat, brie harus dihidangkan pada suhu ruang untuk langsung dimakan begitu saja.

  • Camembert

Hampir sama dengan brie. Keju ini enak untuk dijadikan cemilan. karena rasanya gurih dan creamy. Lebih baik disimpan di suhu ruang, karena akan lebih lembut, terlebih jika sudah masuk mulut, akan meleleh di dalam.

Jadi, anda sudah mencoba keju yang mana? 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES