Gaya Hidup

Begini Cara Mencuci Peralatan Memasak yang Tepat

Jumat, 13 Januari 2017 - 04:35 | 210.59k
ILUSTRASI - Mencuci peralatan dapur (Foto: infospesial)
ILUSTRASI - Mencuci peralatan dapur (Foto: infospesial)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak jenis bahan peralatan masak yang digunakan sehari-hari. Ada yang berbahan dasar besi, tembaga, tanah, dan lainnya. 

Ternyata beda bahan dasar, beda pula perawatannya. Ini selain agar peralatan dapur Anda tetap awet dapat juga meminimalisir residu yang dibawa oleh bahan dasar pembuatan peralatan dapur itu sendiri. 

Berikut tips mencuci peralatan memasak yang benar 

1. Alumunium

Kebanyakan peralatan masak yang terbuat dari aluminium dapat dibagi menjadi dua kategori: campuran alumunium (diperkaya dengan logam seperti magnesium, tembaga, atau perunggu untuk menambah kekuatan) dan aluminium anoda (yang kurang bereaksi dengan makanan asam). Alumunium anoda umumnya aman dicuci dengan alat pencuci piring, tetapi alumunium campuran lebih baik dicuci dengan tangan. Jika terdapat noda pada alat masak alumunium ini, buatlah larutan pembersih dengan mencampur dua sendok teh cuka putih dengan dua gelas air. Tuangkan larutan ke dalam panci, kemudian didihkan selama dua menit, kemudian bilas panci dengan air hangat.

2. Besi

Kunci untuk menjaga peralatan masak dari besi agar tetap bersih dan bebas karat adalah membersihkannya saat masih hangat. Cucilah dalam air panas tanpa sabun dengan sikat yang keras atau spons. Jangan gunakan sikat baja karena dapat merusak panci. Kemudian, keringkan secara menyeluruh dengan serbet bersih dan oles tipis dengan minyak sayur di atas permukaan untuk membuatnya mengkilap. Setelah itu, lap sisa minyak dengan tisu dan simpan di tempat kering. Untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada panci, didihkan sedikit air dalam panci sebelum membersihkannya.

3. Tembaga

Panci yang terbuat dari tembaga sangat baik untuk memasak karena dapat menghantarkan panas dengan cepat dan merata. Tetapi, tembaga sangat tinggi dengan logam reaktif, jadi kebanyakan alat masak dari tembaga ini dilapisi dengan baja tahan karat atau stainless steel. Untuk menghilangkan noda pada peralatan masak dari tembaga ini, olesi permukaannya dengan saus tomat. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan saus tomat tersebut dan lanjutkan kembali proses pencucian.

4. Tanah Liat

Sama seperti alat masak yang terbuat dari besi, alat masak dari tanah liat ini tidak dicuci dengan menggunakan sabun. Karena sabun akan menyerap ke dalam pori-potonya dan akan terkontaminasi ke dalam makanan. Untuk itu, cucilah dengan air yang sangat panas dan sikat. Kemudian keringkan dengan handuk. Jika terdapat noda, Anda hanya perlu menghilangkannya dengan menggosok bagian dalam pot menggunakan garam kasar. Alat masak ini memiliki pori sehingga dapat menimbulkan bau. Untuk menghilangkannya, rendam semalaman dalam campuran dua sendok makan soda kue dan air yang secukupnya.

5. Enamel

Salah satu langkah yang paling penting untuk membersihkan peralatan masak dari enamel ialah dengan membiarkannya dingin. Walaupun alat ini tahan lama, perubahan suhu yang cepat dan dramatis dapat menyebabkan lapisan enamel retak atau pecah. Setelah dingin, isi panci dengan air sabun hangat dan rendam selama 15 sampai 20 menit. Kemudian, cuci dengan menggunakan handuk lembut atau spons, bilas dan keringkan secara menyeluruh. Jika sulit untuk menghilangkan noda makanan yang ada, coba gosok bagian dalam panci dengan abu gosok yang halus lalu bilas hingga bersih.

6. Lapisan Antilengket

Panci dan wajan antilengket ini juga tidak dapat dicuci dengan menggunakan alat pencuci piring, melainkan harus dicuci dengan tangan dan dengan spons halus untuk menjaga lapisan antilengketnya. Sama seperti enamel, peralatan masak antilengket ini harus didinginkan sebelum dibersihkan untuk mencegah thermal shock. Jika terdapat noda pada peralatan masak antilengket Anda, gosok lembut di bagian dalam panci dengan cuka dan kain lembut atau spons.

7. Stainless Steel

Berbeda dengan alat yang lain, stainless steel dapat dicuci dengan menggunakan alat pencuci piring. Carilah stainlees steel dengan kualitas tinggi yang idealnya terdapat cap 18/10, yang terdiri dari 18 bagian kromium dengan 10 bagian nikel agar tahan lama. Jika ingin menghilangkan noda, rendam dengan menggunakan cuka selama setengah jam, kemudian bilas dengan air sabun hangat lalu bilas lagi di air dingin dan keringkan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES