Pendidikan

Mendikbud, Kualitas Pendidikan Kita Masih Tertinggal

Kamis, 12 Januari 2017 - 20:53 | 29.42k
Mendikbud, Muhajir Effendy saat sidak ke Smamda Sidoarjo (Foto: Mulya Andika/ TIMES Indonesia)
Mendikbud, Muhajir Effendy saat sidak ke Smamda Sidoarjo (Foto: Mulya Andika/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tingkat ketertinggalan sekolah-sekolah di Indonesia jika dilihat dari aspek kualitas mencapai 70 persen, indikatornya hasil Ujian Nasional selama tiga tahun terakhir ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendi saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Sekolah Muhammadiyah II Sidoarjo (Smamda), Kamis (12/1/2017). 

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini memaparkan jika saat ini perlu adanya inovasi pendidikan terutama yang menyangkut pemerataan kualitas terhadap anak Didik. 

"Berdasarkan data hasil UN sejak tiga tahun terakhir, pendidikan kita jauh tertinggal. Dari tiga tahun terakhir ini, sekolah kita yang tidak memenuhi standar Nasional hampir 70 persen," paparnya.

Lebih jauh, Muhajir menambahkan jika
tahun ini, Mendikbud akan memfokuskan untuk melakukan pemerataan kualitas pendidikan. Sedangkan untuk mengejar ketertinggalan itu, menurutnya akan ada penanganan khusus dari pihaknya.

"Kami sudah siapkan pemetaan untuk pemerataan kualitas pendidikan kita secara nasional," imbuhnya.

Muhajir juga menegaskan, Kemendikbud tahun ini akan menerapkan semua mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN harus berstandar Nasional. Artinya, materi UN akan dibuat langsung oleh kementerian pendidikan dan Kebudayaan, begitu juga ujian sekolah berstandar nasional (USBN). 

"Dengan keterlibatan Kementerian terkait materi UN dan USBN, diharapkan bisa mengejar target ketertinggalan kita," harapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES