Peristiwa Nasional

Jokowi Minta Gelar Pasukan TNI Disebar di Luar Jawa

Kamis, 12 Januari 2017 - 20:34 | 38.09k
ILUSTRASI, Gelar Pasukan TNI pada HUT TNI di Palembang (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI, Gelar Pasukan TNI pada HUT TNI di Palembang (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Konsep Pemerintah Indonesia mempercepat pembangunan pinggiran tahun ini makin digencarkan. Dalam Rapat Terbatas (ratas) tentang Sinkronisasi Gelar TNI dengan Pembangunan, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (12/1) sore, konsep itu akan disinkronisasikan dengan TNI.

’’Ini adalah hal yang strategis, baik untuk kepentingan pertahanan jangka panjang,” jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Menurut Pramono, Presiden Jokowi memberikan atensi penuh agar konsep gelar pasukan TNI memperhatikan perubahan paradigma pembangunan nasional yang tidak lagi bersifat Jawasentris. Tapi harus Indonesiasentris untuk segera diwujudkan dalam era pemerintahan sekarang ini.

Sebelumnya, dalam Rapat Terbatas Presiden Jokowi menegaskan agar penempatan gelar pasukan TNI dikuatkan di titik-titik wilayah terluar dan terdepan dari NKRI, yang juga menjadi wilayah-wilayah potensial sebagai pusat-pusat penggerak dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam dua tahun terakhir kita fokus untuk mempercepat pembangunan pinggiran, membangun kawasan timur, kawasan perbatasan dan pulau-pulau terdepan Indonesia. Kita juga ingin pembangunan dilakukan lebih merata sehingga mengatasi kesenjangan antar wilayah, terutama kawasan barat dengan kawasan timur Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi meyakini, dengan pemerataan pembangunan antar wilayah maka daerah-daerah di wilayah pinggiran, seperti Kepulauan Natuna di bagian barat, Kepulauan Miangas di utara, Biak-Merauke di sebelah timur, sampai Pulau Rote dan sekitarnya di sebelah selatan, akan tumbuh menjadi sentra-sentra ekonomi baru, sentra-sentra pertumbuhan ekonomi.

Karena itu, Jokowi menekankan agar TNI lebih siap dalam menghadapi corak peperangan masa depan di tengah kondisi geografis khas negara kita, yaitu sebagai negara kepulauan.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES