Peristiwa Nasional

Menhub Sesalkan Insiden Meninggalnya Taruna STIP

Kamis, 12 Januari 2017 - 12:15 | 49.04k
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: swacoid)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: swacoid)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyesalkan sekaligus mengutuk keras insiden tewasnya taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang diduga dianiaya pada seniornya.

Hal itu ia tegaskan di depan para taruna saat meresmikan Gedung Serbaguna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) di Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (12/1/2017).

"Apa yang terjadi baru-baru ini di sebuah pendidikan vokasional adalah sesuatu yang memalukan, tidak patut, dan tidak beradab," tegasnya.

Menurut Menhub, tidak boleh lagi ada kekerasan yang dialami taruna saat mengikuti pendidikan di akademi apalagi sampai mengakibatkan kematian, mengingat ancamannya bisa dituntut pidana serta pemecatan.

Menhub menilai tewasnya taruna STIP bernama Amirullah Adityas Putra (18), karena perilaku siswa di sekolah yang dinaungi Kementerian Perhubungan adalah sangat merugikan dan mencemarkan nama baik, sehingga patut mendapat hukuman tegas.

Ia menegaskan jika taruna di sekolah vokasional harusnya merupakan siswa yang beradab dan memiliki kepandaian yang baik, bukan sebaliknya yang justru menjadi manusia merugikan.

"Mari kita tinggalkan cara-cara kekerasan dan sok senioritas, karena seharusnya lulusan sekolah ini bisa menjadi duta Indonesia di luar negeri," paparnya.

Menhub juga berjanji akan terus mengawasi dan menindak tegas siswa yang ketahuan melakukan kekerasan di sekolah. Selain itu, ia juga meminta pengelola dan pengajar akademi bersama-sama ikut mengawasi dan menerapkan regulasi agar kejadian serupa tak terus berulang.

"Atas kejadian tersebut tidak perlu sekolah ditutup, tapi yang perlu adalah mengawasi secara tegas dan menerapkan regulasi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES