Peristiwa Daerah

Usai Terima Penghargaan, Bripka Arifin Jadi Motivator di Papua

Rabu, 11 Januari 2017 - 19:25 | 125.29k
Bripka Arifin seusai menerima penghargaan dariKapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. (Foto: Senda/TIMES Indonesia)
Bripka Arifin seusai menerima penghargaan dariKapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. (Foto: Senda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Raut wajah Bripka Arifin terlihat sumringah, senyum ramah seakan menempel di wajahnya. Ia mengaku bahagia karena mendapat penghargaan dari atasannya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin.

Penghargaan dari Kapolda Jatim itu diberikan kepada Bripka Arifin, di halaman Mapolres Malang, Rabu (11/1/2016).

BACA JUGA: Terharu Dengar Polisi Ini akan Pensiun, Anak SD Menangis

Bripka Arifin selain mendapat penghargaan berupa piagam juga mendapat satu unit sepeda motor dari Kapolda Jatim. Pemberian penghargaan itu di saksikan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung dan anggota polisi lainnya.

Sosok Bripka Arifin memang menyita perhatian publik. Mulai dari anak-anak, masyarakat umum dan jajaran kepolisian. Mereka menyukai dan menyayangi sosok Bripka Arifin.

Bripka Arifin adalah anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA: Kapolda Jatim Berharap Bripka Arifin Jadi Mentor Inspirasi Polisi

Siswa SDN di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang menangis karena merasa terharu mendengar Bripka Airfin pamit akan pensiun.

Saat itu, pelukan spontan dan tetesan air mata dari para siswa SDN Banjarejo 1 Pakis, tempat dimana Bripka Arifin kerap menjadi pembina upacara, menyambutnya dan membuat suasana haru.

Hal itu adalah sebuah tanda dan makna bagaimana kedekatan hubungan emosional Bripka Arifin terjalin dengan anak-anak sekolah itu. Tak hanya itu, masyarakat setempat juga merasakan hal yang sama.

BACA JUGA: Kapolda Jatim: Bripka Arifin Inspirasi bagi Semua

Peristiwa mengharukan ini menjadi perbincangan dan viral di media dan banyak media sosial (Mdsos). Bahkan, juga menjadi pembicaraan di lingkungan institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Karenanya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin pun menyambut masa purna tugas Bripka Arifin dengan kado istimewa, yakni piagam dan satu unit sepeda motor atas dedikasi dan integritasnya selama menjalankan tugas sebagai polisi.

"Saya tidak menyangka hal ini terjadi. Saya hanya melaksanakan setiap tugas dengan tulus dan ikhlas. bicara dari hati ke hati," tutur Bripka Arifin.

Viral perjuangan dan kisah baik Bripka Arifin tak hanya selesai di penghargaan yang diberikan Kapolda Jatim. Kisah inspiratifnya pun terdengar di ujung bagian NKRI.

BACA JUGA: ''Saya Terharu.. Dia Polisi yang Baik''

Terbukti, Bripka Arifin langsung mendapat undangan khusus dari Kapolda Papua untuk memberikan inspirasi kepada anggota polisi yang bertugas di Papua.

Hal itu diakui Irjen Machfud Arifin, saat memberikan sambutannya dalam pemberian penghargaan kepada Bripka Arifin di Mapolres Malang.

bripka-arifinuDI95.jpg

"Kapolda Papua menghendaki Bripka Arifin menjadi inspirasi bagi personel yang bertugas disana (Papua). Ini sungguh luar biasa," kata Irjen Machfud Arifin.

Di Papua, kata Machfud, menghendaki kehadiran Bripka Arifin agar bisa memberikan inspirasi bagi para polisi di bumi Cendrawasih itu.

"Harapan saya, inspirasi dari Bripka Arifin itu tidak hanya ditularkan di Papua nantinya. Tapi juga ditularkan untuk polisi yang bertugas di Jawa Timur juga. Bagaimana bisa tertular virus positifnya," katanya.

Selain mendapat pujian dari Kapolda Jatim, Bripka Arifin juga membuat Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung salut dan mengagumi sosok Bripka Arifin.

"Saya salut dan hormat kepada Bripka Arifin yang sangat dekat dengan masyarakat. Ini luar biasa," ucap YS Ujung, kepada TIMES Indonesia.

Dari itu, YS Ujung mengucapkan terima kasih atas perhatian Kapolda Jatim kepada anggotanya yang telah melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas. 

"Harapan saya, semoga, terus bermunculan sosok Bripka Arifin lainnya dari anggota polisi di wilayah Polres Malang dan daerah lainnya di Indonsia.

YS Ujung menyakini, bahwa banyak anggota polisi yang memiliki semangat yang sama tingginya dengan Bripka Arifin. Ikhlas dan sabar dalam menjalankan tugas negara.

"Saya yakin bahwa anggota saya yang lain juga memiliki integritas, dedikasi, dan passion yang sama tingginya dengan Bripka Arifin dalam memberikan pengabdian pelayanan, pengayoman, dan perlindungan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Malang," katanya.

YS Ujung mengaku, pihaknya selalu menekankan kepada seluruh anggota polisi lainnya terkait apa yang dipesankan oleh Nabi Muhammad SAW. Yakni, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

"Harus selalu melakukan yang terbaik serta niatkan semua yang dilakukannya adalah ibadah. Ikhlas dan sabar dalam menjalankan tugas," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES