Pendidikan Dies Natalis Ke 54 UB

UB Ingatkan Pentingnya Kesehatan Wanita lewat Tes Pap Smear

Rabu, 11 Januari 2017 - 12:01 | 43.12k
Pemeriksaan Pap Smear Gratis menjadi salah satu acara rangkaian Dies Natalis ke 54 UB. (Foto: Immaddudin/TIMES Indonesia)
Pemeriksaan Pap Smear Gratis menjadi salah satu acara rangkaian Dies Natalis ke 54 UB. (Foto: Immaddudin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Dies Natalis Ke 54 UB

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dharma Wanita Persatuan Univesitas Brawijaya (UB) mengadakan bakti sosial pemeriksaan pap smear gratis di Poliklinik UB, Rabu (11/1/2017).

Salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke 54 UB, ini diikuti sekitar 120 orang. Acara ini juga bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UB dan Poliklinik UB.

Ketua Bidang Sosial Dharma Wanita Persatuan UB, Yayuk Sudarminto menyebutkan baksos ini, merupakan bentuk kepedulian antar sesama wanita, serta deteksi dini akan kanker serviks.

"Lewat ini kami harap semua wanita yang telah menikah, untuk sadar dan peduli terhadap kesehatannya," kata Yayuk pada TIMES Indonesia, disela-sela pemeriksaan.

Sebagai informasi, Pap Smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina dikhususkan bagi kaum wanita.

Kanker leher rahim ini, merupakan kanker yang paling sering dijumpai pada wanita setelah kanker payudara. Seperti halnya kanker lain, deteksi dini merupakan kunci keberhasilan terapi.

Yayuk menyarankan pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setahun sekali. Hal rutin ini penting untuk pencegahan kanker, dan sekaligus menjaga kesehatan wanita.

Selain itu, Yayuk juga menambahkan dalam tes ini juga ada tes SADARI. Tes ini juga merupakan tes untuk mendeteksi kanker payudara.

"Ini bentuk perhatian kami untuk sesama, sebab ibu yang sehat, akan lahir generasi cerdas dan kuat,” tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES